Contoh Cover Letter Digital Marketing Menarik [+Template]

Ketika kamu ingin melamar kerja, biasanya selain CV, dokumen yang juga sering diminta oleh perusahaan adalah cover letter. Tak terkecuali dengan profesi digital marketing, kamu perlu membuat surat lamaran kerja digital marketing yang menarik sehingga dapat mencuri perhatian rekruter. 

Namun seperti apa ya contoh cover letter digital marketing itu? Yuk kita bahas bagaimana cara membuat cover letter digital marketing yang dapat membawamu semakin dekat dengan karir impianmu!

cover letter digital marketing
Contoh Cover Letter Digital Marketing Bahasa Indonesia

📚 Baca juga:  5 Contoh CV Marketing Menarik Perhatian Rekruter [+Tips dan Trik]

Cover Letter Digital Marketing

Apa itu Cover Letter Digital Marketing?

Cover letter adalah salah satu dokumen yang kamu serahkan ketika melamar kerja. Cover letter ibaratnya seperti surat pengantar CV yang berisikan berbagai informasi pelengkap seperti keahlian tambahan seputar pekerjaan yang dilamar atau motivasi pelamar kerja untuk ditunjukkan kepada rekruter. Cover letter digital marketing juga biasanya disebut sebagai application letter. Keduanya memiliki arti yang sama, hanya pengucapannya saja yang berbeda. 

Tujuan mengirim Cover Letter

Berikut adalah beberapa tujuan pentingnya mengirim application letter digital marketing saat melamar kerja:

  1. Saat untuk menonjolkan kualifikasimu
    Dengan menyertakan application letter digital marketing, kamu dapat menjelaskan lebih lanjut tentang kemampuanmu yang sesuai dengan kualifikasi kandidat yang dicari. 

    Misal pada pengalaman kerja sebelumnya kamu pernah mengerjakan suatu proyek atau kampanye yang kebetulan dibutuhkan di jobdesk pekerjaan yang sekarang kamu lamar, hal tersebut akan menjadi nilai tambah yang menguntungkan. Jika kamu masih fresh graduate, jangan khawatir! Kamu tetap dapat melampirkan pengalaman organisasi, volunteer, dan lain-lain yang pernah kamu lakukan.
  1. Kesempatan untuk menyampaikan alasan ingin bergabung
    
    Walaupun biasanya ketika di tahap wawancara rekruter sering kali menanyakan mengenai alasan kamu ingin bergabung di suatu perusahaan, ada baiknya kamu tetap menyertakan alasanmu dalam cover letter digital marketing-mu. 

  2. 
    Dengan begitu, rekruter dapat mengetahui motivasimu untuk bergabung dalam perusahaan dan kontribusi yang akan kamu lakukan setelah bergabung. Tentunya, jangan hanya asal menulis ya, tapi berusahalah memberi kontribusi yang dapat terukur dan dijangkau, sehingga performamu semakin terlihat ketika sudah masuk di perusahaan tersebut!
  1. Menggambarkan kepribadian dan cara berkomunikasimu
    Percaya atau tidak, saat kamu melampirkan cover letter digital marketing, kamu sedang menunjukkan bagaimana cara kamu berkomunikasi dan memberi secuplik gambaran dari kepribadianmu ke rekruter.
    
    Cara menulis dan berbahasa seseorang sedikit banyak dapat merefleksikan kepribadian seseorang dan bagaimana orang tersebut biasanya menyampaikan pesan. Maka, penting untuk application letter digital marketing yang dibuat benar-benar ditulis berdasar pengalaman dan kemampuan sendiri, sebelum akhirnya dikirim ke rekruter.

Isi Cover Letter Digital Marketing

Ketika menulis cover letter digital marketing, terdapat format yang perlu kamu ikuti agar surat lamaranmu jadi lebih terstruktur. Apa saja ya bagian-bagian dalam cover letter digital marketing? Simak di bawah yuk!

1. Judul

Tentunya kamu memerlukan judul dalam cover letter-mu. Kamu dapat mencantumkan nama, nomor telepon, email, situs Linkedin, dan portofolio dalam bagian ini.

Contoh:

Anggita Ratna Sari
Digital Marketing Specialist
08555657087
[email protected]

2. Tanggal dan Penerima

Setelah itu pada application letter digital marketing-mu, kamu dapat memasukkan tanggal, penerima surat lamaran, dan nama perusahaan yang kamu lamar. Jika kamu tidak mengetahui nama penerima dalam surat lamaran, boleh menuliskannya dengan “Kepada Tim Rekruter (nama perusahaan)” atau “Kepada Yth. Manajer Digital Marketing”. 

Contoh:

Kepada Tim Rekruter JOA Indonesia
Jl. Panjang no. 38
Jakarta Barat 11560

3. Kata Pembuka

Pada bagian ini, kamu dapat menyampaikan dari mana kamu mengetahui pekerjaan tersebut, beserta dengan keahlianmu terkait posisi yang kamu lamar, dan antuasimemu untuk bergabung ke perusahaan tersebut.

Contoh:

Saya menemukan lamaran kerja digital marketing specialist dari situs web perusahaan. Dengan kemampuan dan pengalaman yang saya miliki di bidang yang sama selama 1 tahun, saya merupakan kandidat yang cocok sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Saya juga telah mengikuti perkembangan perusahaan JOA Indonesia sejak lama, sehingga saya sangat ingin bergabung dan memberikan kontribusi saya terhadap perusahaan.

4. Pengalaman dan Skill

Selanjutnya kamu dapat menuliskan pengalaman dan skill yang kamu punya berkaitan dengan digital marketing specialist di cover letter digital marketing-mu. Pengalaman yang ditulis dapat berupa proyek atau kampanye yang pernah kamu kerjakan, berikut dengan hasil dan pengaruhnya ke perusahaan. Sementara kamu juga dapat menuliskan skill yang dibutuhkan untuk seorang digital marketing specialist, seperti mengetahui cara penempatan media yang tepat untuk iklan dan melakukan pemantauan terhadap iklan yang berjalan.

Contoh:

Saya telah berpengalaman untuk memegang berbagai kampanye besar dalam satu periode bersamaan, seperti adanya promo flash sale yang periodenya sama dengan Idul Fitri, atau adanya regular promo dengan social media activation, dan lain-lain. Saya membantu persiapan pengerjaan proyek dari segi digital marketing termasuk merancang brief untuk iklan, penempatan media, copywriting, dan monitoring hasil iklan. Saya pernah mendapatkan hasil memuaskan dengan mendapatkan lebih dari 100K reach dan 10+ engagement hanya dalam waktu 3 hari iklan. Selain itu, angka penjualan juga pernah mencapai 2x lipat dari revenue di bulan tersebut berkat penempatan media yang tepat untuk kampanye 10.10 dengan bantuan 10 orang KOL di bidang otomotif.

5. Alasan Melamar Pekerjaan

Pada paragraf berikutnya, kamu juga dapat menambahkan alasanmu untuk melamar kerja sebagai digital marketing specialist di perusahaan tersebut. Alasan ini dapat kamu tulis dengan perspektif personal dan tujuannya untuk memberitahu mengapa kamu ingin bergabung di perusahaan tersebut.

Contoh:

Saya ingin melamar di perusahaan JOA Indonesia karena kecintaan saya terhadap digital marketing itu sendiri. Sedari dulu, saya melihat JOA Indonesia merupakan perusahaan yang serius untuk mengembangkan bidang digital marketing di Indonesia serta memberikan service terbaik untuk para kliennya, sehingga saya merasa bisa mendapatkan banyak tantangan baru yang membuat saya bertumbuh jika dapat bergabung di JOA Indonesia. Selain itu, di tahun 2022 kemarin, JOA Indonesia juga baru meraih penghargaan sebagai “Top 10 Best Digital Marketing Agencies in Indonesia”, dengan itu saya semakin yakin untuk bergabung dan memberi kontribusi untuk JOA Indonesia agar dapat bersama memajukan digital marketing di Indonesia.

6. Penutup

Pada bagian penutup dari application letter digital marketing-mu, tinggalkanlah kesan yang baik dan minta rekruter untuk dapat memberi konsiderasi atas kemampuanmu dan kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut. Jangan lupa ucapkan terima kasih untuk waktu yang diberikan karena telah membaca cover letter-mu.

Contoh:

Demikian cover letter ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai kemampuan dan pengalaman saya untuk mengisi posisi digital marketing specialist. Berikut terlampir juga CV saya untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Terima kasih untuk waktunya.

Sudah buat CV? Yuk persiapkan CV kamu di CakeResume, kami menyediakan lebih dari 50 pilihan template untuk membantumu mencapai lebih dekat ke karier impianmu. 🎉

Tips Cover Letter Digital Marketing

Di bawah merupakan beberapa tips untuk kamu ketika ingin menulis cover letter digital marketing:

1. Melakukan Riset Terhadap Perusahaan yang Akan Dilamar

Lakukan riset terlebih dahulu untuk setiap perusahaan yang kamu lamar termasuk bidang industri, lokasi, serta sepak terjang perusahaan selama ini. Kamu juga dapat mencari tahu lebih mengenai informasi lainnya dari situs web perusahaan atau Linkedin. 

2. Sesuaikan Surat Lamaran Kerjamu

Sebaiknya kamu tidak langsung mengirimkan CV dan cover letter ke semua perusahaan yang kamu lamar secara persis. Sesuaikanlah dengan kebutuhan surat lamaran. Jangan lupa mengganti nama perusahaan, alamat, serta nama dan penerima surat lamaran masing-masing perusahaan.

3. Masukkan Kata Kunci dari Deskripsi Pekerjaan

Banyak perusahaan menggunakan mesin ATS (Applicant Tracking System) untuk menyaring CV dan cover letter kandidat. Sistem ATS ini akan mencari kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kamu dapat memasukkan kata kunci relevan dari lowongan kerja yang kamu lamar ke dalam cover letter digital marketing-mu. Contohnya ketika tertulis di deskripsi bahwa perusahaan mencari seseorang yang memiliki analytical thinking serta menguasai CRM, dan kebetulan kamu menguasainya, maka masukkanlah hal tersebut di cover letter-mu.

4. Tunjukkan Bahwa Kamu Adalah Kandidat yang Tepat

Tentunya ketika perusahaan membuka suatu lowongan pekerjaan, akan ada banyak kandidat yang berusaha mendapatkan pekerjaan itu. Maka kamu perlu membuat dirimu menonjol sehingga dapat diperhitungkan oleh perusahaan.

Dalam CV, cover letter, maupun wawancara atau interaksi apapun dengan perusahaan selama proses recruitment, tunjukkanlah kalau kamu kandidat yang tepat dengan membuat perusahaan yakin akan kemampuan dan profesionalisme kamu terhadap pekerjaan. 

Tunjukkan bahwa kamu mengerti bidang digital marketing, memahami proyek-proyek yang pernah kamu kerjakan, tahu tentang deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan, dan kemauan untuk bergabung dengan perusahaan.

📚 Baca juga:  10 Pertanyaan Interview Marketing dan Jawabannya!

Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, format, dan tips untuk membuat cover letter digital marketing, tentunya tidak lengkap jika belum ada contoh surat lamaran pekerjaan digital marketing. Simak yuk 2 contoh di bawah untuk menambah referensimu dalam membuat application letter digital marketing!

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing Bahasa Indonesia (Pengalaman 3 Tahun)

cover letter digital marketing
Contoh Cover Letter Digital Marketing Bahasa Indonesia

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing Bahasa Inggris (Pengalaman Intern/Magang)

cover letter digital marketing
Cover Letter Digital Marketing Bahasa Inggris

Dengan penjelasan tentang cover letter digital marketing serta contoh-contohnya, semoga kamu semakin paham dan dapat mengambil langkah untuk melamar ke perusahaan yang kamu minati ya! 

Cari lowongan kerja Digital Marketing? Temukan pekerjaan Digital Marketing di CakeResume! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

--- Ditulis Oleh Leony Jardine ---


Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.