Apa itu Funding Officer? Tugas, Gaji, Syarat [+Contoh CV]

Apakah kamu pernah dengar istilah FO? FO adalah singkatan dari Funding Officer. Pekerjaan ini mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat. Apakah kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu funding officer?

Funding Officer adalah pekerjaan yang berurusan dengan pendanaan ataupun pembiayaan untuk perusahaan. Biasanya, funding officer bekerja di lembaga keuangan atau perbankan. Secara garis besar tugas funding officer yaitu mencari dana untuk perusahaan, mengumpulkan dana dari nasabah, dan menawarkan produk perbankan.

Baca lebih lanjut tentang apa itu funding officer, jobdesk funding officer, keterampilan yang harus dimiliki funding officer, prospek karier dan gaji funding officer, hingga tips untuk menjadi funding officer di artikel CakeResume ini! 

Skill yang Dibutuhkan Funding Officer (FO)
Skill yang Dibutuhkan Funding Officer (FO)

Apa itu Funding Officer?

Funding officer adalah salah satu profesi penting di perbankan atau lembaga keuangan selain teller atau customer service. Tugas utama funding officer yaitu mencari nasabah dan mengumpulkan dana dari nasabah. 

Pekerjaan funding officer ini bisa dilakukan secara individu maupun kelompok sesuai dengan kebijakan tiap perusahaan. Selain itu, funding officer atau FO juga bertanggung jawab untuk melaporkan manajemen keuangan dan mengelola sistem administrasi yang berkaitan dengan pengeluaran dan pemasukan. 

📚 Baca juga:  Apa itu Chief Financial Officer (CFO) dan Bedanya dengan CEO, COO, CMO? [+Tugas, Contoh, Kualifikasi]

Apa Tugas Seorang Funding Officer?

Untuk kamu calon pelamar funding officer atau FO, tentu kamu perlu mengetahui apa saja jobdesk funding officer. Tapi, perlu diingat bahwa tugas dan tanggung jawab seorang FO tergantung perusahaan tempatnya bekerja. Namun, di bawah ini adalah gambaran umum dari tugas funding officer:

  • Mencari nasabah yang mau dan yakin untuk menabung atau menyimpan di bank tersebut.
  • Mengumpulkan dana yang disimpan nasabah di bank tersebut.
  • Menawarkan produk perbankan, seperti giro, deposito, dan tabungan.
  • Membantu nasabah membuka tabungan baru. 
  • Mengajak nasabah untuk melakukan top-up di bank nya. 
  • Memproses semua transaksi keuangan, meliputi penghasilan dari sponsor, donasi, keanggotaan, dll.
  • Mengelola administrasi tentang dana yang diterima dari nasabah.
  • Melakukan manajemen informasi tentang pembelian dan penjualan.
  • Mengelola laporan pajak.
  • Menjalin hubungan yang baik dengan para nasabah.

Skill yang Dibutuhkan Funding Officer (FO)

Sebagai kandidat funding officer, ada berbagai soft skills dan hard skills yang perlu kamu miliki untuk bisa melaksanakan jobdesk funding officer dengan baik, meliputi:

✅ Kemampuan Menggunakan Komputer

Kemahiran dalam menggunakan komputer adalah kemampuan untuk menciptakan dokumen atau data menggunakan perangkat lunak komputer. Setidaknya, seorang funding officer perlu memiliki kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Office untuk mengolah informasi, menghasilkan dokumen, manajemen data, dan memproses rekening. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki pengetahuan tentang software-software numerik untuk membantu menyelesaikan tugas funding officer. 

✅ Keterampilan Numerik

Karena profesi ini bergerak di bidang keuangan tentu kandidat funding officer perlu memiliki ketelitian, keterampilan numerik, dan keterampilan dalam penggunaan sistem database untuk keperluan keuangan. Hal ini akan membantu kamu untuk menghitung dengan teliti dan akurat.  

✅ Ilmu Komunikasi

Karena salah satu tugas funding officer adalah mencari nasabah dan menjaga hubungan yang baik dengan nasabah, kamu perlu melengkapi diri dengan ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi baik secara lisan maupun tertulis diperlukan agar funding officer dapat menyampaikan pesan secara efektif dan jelas kepada calon nasabah ataupun nasabah. 

✅ Ilmu Marketing

Selain itu, funding officer juga perlu dilengkapi dengan ilmu marketing. Funding officer harus mampu memikirkan strategi pemasaran yang menarik untuk menawarkan produk-produk perbankan kepada para nasabah. Ilmu ini diperlukan agar seorang funding officer dapat menginterpretasikan dan menyajikan informasi secara komprehensif tetapi menarik dan persuasif. 

✅ Customer Service

Jobdesk funding officer juga sering berurusan dengan nasabah, oleh karena itu, keterampilan customer service juga diperlukan. Funding officer harus pandai mendengarkan, mempengaruhi, dan memberikan solusi kepada nasabah. Selain itu, kesabaran juga sangat penting untuk menghadapi nasabah yang memiliki sikap dan karakter yang berbeda-beda. 

Prospek Karier Funding Officer

Prospek Karier Funding Officer

Prospek karier funding officer tidak hanya di perbankan dan lembaga keuangan. Funding officer adalah salah satu profesi yang juga banyak dicari oleh organisasi di bidang lain seperti retail dan nonprofit. 

Mungkin kamu pernah dengar dengan istilah Retail Funding Officer (RFO). Nah, retail funding officer agak sedikit beda dengan funding officer, karena RFO adalah posisi di bidang marketing. Retail funding officer adalah petugas bank yang bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan pemasaran produk dalam rangka mengoptimalkan akuisisi dana nasabah khusus pada segmen retail. 

Sedangkan untuk organisasi nonprofit, peran funding officer sangat krusial karena tugasnya mengamankan pendanaan agar aktivitas perusahaan dapat berjalan lancar. 

Oleh karena itu, pastikan untuk meneliti lowongan pekerjaan terlebih dahulu untuk mengetahui latar belakang perusahaan dan kemampuan apa saja yang diperlukan agar kamu dapat melengkapi diri dan melakukan peran funding officer dengan baik.

Gaji Funding Officer

Dari sisi besarnya gaji secara umum, seorang funding officer akan dibayar tergantung oleh daerah, kemampuan kandidat, dan kebijakan perusahaan. Rata-rata gaji funding officer di Indonesia berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000.

💰 Berikut rata-rata gaji funding officer di beberapa kota di Pulau Jawa, Indonesia:

  • Gaji funding officer di Jakarta yaitu sekitar Rp 5.904.089 per bulan.
  • Gaji funding officer di Yogyakarta yaitu sekitar Rp 4.633.064 per bulan.
  • Gaji funding officer di Surabaya yaitu sekitar Rp 5.320.253 per bulan.

Gaji ini belum termasuk bonus dan tunjangan dari perusahaan, ya! Jika kamu ingin mendapatkan bonus, maka kamu perlu mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan. Bagaimana caranya? Dengan terus mengembangkan kemampuan diri, tentunya kamu akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target. 

Tips untuk Menjadi Funding Officer

1. Menempuh Pendidikan

Tips pertama untuk dapat memenuhi jobdesk funding officer yaitu memiliki gelar sarjana yang berhubungan dengan keuangan. Tetapi, tidak perlu khawatir jika kamu bukan lulusan bidang finansial, karena ada banyak juga perusahaan yang membuka lowongan funding officer untuk kandidat yang memiliki gelar sarjana dari program studi apapun. Usahakan untuk memiliki IPK yang baik, karena ini menjadi salah satu poin penting yang dapat membuktikan kecerdasan kamu untuk memenuhi jobdesk funding officer. 

2. Miliki Pengalaman Kerja yang Relevan

Akan menjadi poin plus jika kamu memiliki pengalaman kerja profesional yang relevan dengan bidang keuangan. Perekrut biasanya memilih kandidat yang memiliki pengalaman atau training yang relevan karena pekerjaan funding officer adalah pekerjaan yang cukup berat. Beberapa contoh pengalaman atau training yang bisa kamu cantumkan atau sebutkan yaitu pengalaman dalam fundraising, internship, dan partisipasi dalam kegiatan kampus. 

3. Buat CV Funding Officer Menarik

CV Funding Officer
CV Funding Officer -- Dibuat di CakeResume

Siap melamar pekerjaan tapi belum punya CV? Buat CV ATS-friendly sekarang juga di CakeResume! Ada 50+ template CV dan hanya perlu drag and drop, lho! 100% Gratis! 🎉

Kesimpulan

  • Funding officer adalah profesi di lembaga keuangan yang mengurus pendanaan dan pembiayaan perusahaan. Tugas funding officer yaitu mencari nasabah, mengumpulkan dana, menawarkan produk perbankan, dan lain-lain. 
  • 5 keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang funding officer yaitu mahir menggunakan komputer, keterampilan numerik, ilmu komunikasi, ilmu marketing, dan customer service
  • Prospek karier funding officer tidak hanya di perbankan saja, tetapi kamu bisa menjadi retail funding officer dan juga bisa bekerja di organisasi nonprofit.
  • 3 tips untuk menjadi funding officer meliputi memperoleh gelar sarjana, memiliki pengalaman kerja yang relevan, dan membuat CV funding officer yang menarik.

📚 Baca juga: Kenali 9 Jabatan C-Level di Perusahaan Beserta Tugas dan Hal yang harus Dipersiapkan!

--- Ditulis oleh Aileen Gabriella ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.