Wajib Tahu! 8 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik [Perusahaan & Organisasi]

cara jadi pemimpin yang baik

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi pasti ada seseorang yang menjadi orang nomor satu di tempat tersebut yang sering kita kenal sebagai pemimpin. Tugas seorang pemimpin yang baik tidaklah segampang apa yang kita bayangkan.

Mungkin saja kita bisa berpikir bahwa seorang pemimpin hanyalah seseorang yang memberikan perintah ke bawahannya saja. Namun, pada kenyataannya tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang leader yang baik terbilang sulit. Apalagi ketika memimpin sebuah perusahaan yang sudah ternama. Pastinya akan ada banyak tantangan yang dihadapi.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang pemimpin yang baik di perusahaan atau organisasi, mengingat tugas menjadi pemimpin yang baik juga berkaitan dengan keputusan-keputusan penting guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Lalu apa saja kriterianya dan bagaimana cara menjadi leader yang baik? Kemudian, apa saja tantangan menjadi pemimpin yang bijaksana? Yuk, ikuti ulasan berikut ini.

Apa Karakter Penting yang Wajib Dimiliki oleh Pemimpin-Pemimpin Besar?

cara menjadi pemimpin yang baik dan bijak

Pengertian kepemimpinan yang baik berhubungan dengan beberapa karakter seperti: 

1. Pendengar yang Baik

Pemimpin yang memiliki jiwa rendah hati untuk menjadi pendengar yang baik adalah contoh pemimpin yang baik. Ini ada salah satu ciri-ciri leader yang baik. Ketika seorang pemimpin bisa menempatkan diri menjadi pendengar yang baik, secara otomatis bawahannya akan menghormati orang tersebut.

2. Pelajar yang Konsisten

Contoh kepemimpinan yang baik selanjutnya adalah pemimpin yang berjiwa pelajar sejati. Pemimpin yang baik akan terus mengasah dirinya dan belajar dari segala aspek demi memperbaiki perusahaan atau organisasi yang dia pimpin, serta ia akan belajar juga untuk memperbaiki kesalahannya. Dengan demikian, orang-orang yang dia pimpin akan termotivasi menjadi pelajar yang konsisten juga. 

3. Bertanggung Jawab

Disamping itu, cara menjadi leader yang baik dan tegas adalah dengan menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Tips menjadi pemimpin yang baik ini sangatlah mempengaruhi tingkat kepercayaan para karyawan atau anggota.

💡 Ciri khas seseorang yang bertanggung jawab yakni: 

  • Tidak menyalahkan siapapun atas keputusan dan hasil yang diperoleh
  • Tetap memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap apapun yang terjadi di perusahaan atau organisasi yang sedang dipimpin

4. Fokus

Seorang leader yang baik harus mampu memiliki fokus pada tujuan utama perusahaan atau organisasi. Untuk menjadi pemimpin yang efektif,  kamu harus lebih bisa memprioritaskan hal-hal tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Kemampuan ini sangat diperlukan di tengah banyaknya masukan atau komentar yang diterima oleh perusahaan atau organisasi.

5. Penuh Kasih

Cara jadi pemimpin yang baik yang terakhir adalah kamu perlu memiliki perasaan yang penuh kasih. Jika seorang pemimpin mempunyai kriteria ini, ia akan menghadirkan suasana saling menghargai antara pemimpin dan anggotanya, alias bawahannya tidak berada dalam tekanan mental terus menerus. Ini adalah salah satu cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani di dalam perusahaan atau organisasi.

Apakah kamu memiliki karakter-karakter ini? Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, ingat untuk mengembangkan sifat-sifat yang telah disebutkan tadi! Sekarang, mari kita cari tahu cara menjadi pemimpin organisasi/perusahaan yang baik.

📚 Bacaan lanjutan:  100+ Contoh Soft Skill & Hard Skill dalam CV (untuk 15 Pekerjaan)

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Selanjutnya, cara memiliki kepemimpinan yang baik akan berkorelasi dengan beberapa poin di bawah ini:

1. Bangun Koneksi dengan Anggota Tim

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, menjadi pemimpin yang efektif perlu memiliki anggota yang aktif dan bertanggung jawab guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Seorang leader yang baik perlu membangun koneksi yang baik terlebih dahulu dengan anggotanya.

💡 Mengapa harus membangung koneksi dengan tim?

  • Agar karyawan atau anggota dapat mengerti dan melaksanakan goals dari perusahaan atau organisasi
  • Karena adanya hubungan langsung dengan anggota tim, pemimpin yang baik akan mengetahui kendala-kendala yang sedang dihadapi oleh anggota tim
  • pemimpin dan anggota dapat bersama-sama mencari solusinya.

Jika seorang pemimpin tidak memiliki kepandaian dalam membangun koneksi dengan anggota timnya, ada kemungkinan anggota tim tidak memiliki visi yang sama untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Umumnya, cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi atau perusahaan, seorang leader perlu memulai koneksi dengan anggotanya secara regular untuk memastikan segala sesuatu berjalan sesuai rencana dan terkendali.

2. Miliki Sifat Terbuka

Keterbukaan adalah satu satu kunci yang menunjukan kepemimpinan yang baik. Dengan memiliki rasa keterbukaan, kepercayaan antara pemimpin dan anggota dapat terjalin dengan baik dan harmonis.

Cara jadi pemimpin yang baik ini sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan dimanapun karena leader yang baik dan yang memiliki sifat terbuka akan memberikan sebuah keteladanan kepada anggotanya secara tidak langsung. 

💡 Sifat terbuka seorang pemimpin yang baik juga akan membawa dampak baik seperti:

  • Memberikan dampak baik pada manajemen sehingga dapat meningkatkan keuntungan pada perusahaan atau organisasi. 
  • Produktivitas kenyamanan kerja para anggota akan meningkat. 

Itulah cara menjadi pemimpin perusahaan yang baik yang perlu kamu perhatikan. 

3. Dorong Pertumbuhan Personal dan Profesional Karyawan

Menjadi seorang leader yang baik, mendukung peningkatan aspek personal dan profesional para karyawan adalah tanggung jawab yang harus dikerjakan. Tips menjadi pemimpin yang baik ini merupakan salah satu poin penting!

Kepemimpinan yang baik idealnya akan merasa bangga jika karyawan atau anggotanya dapat mengembangkan kemampuannya melalui perusahaan atau organisasi yang dipimpin. Selain itu, jika bos bisa memberikan contoh pemimpin yang baik, anggota bisa memberikan hasil yang luar biasa juga.

💡 Dampak positifnya adalah:

  •  Para karyawan atau anggota bisa bekerja secara maksimal dengan mendukung potensi mereka masing-masing.
  • Kenaikan omset perusahaan
  • Munculnya ide-ide inovatif, dll.

Dengan menunjukan cara menjadi leader yang baik melalui program dan motivasi untuk meningkatkan keprofesionalan karyawan, perusahaan yang sedang dipimpin bisa memiliki peluang untuk melebarkan sayap ke ranah yang lain.

4. Ajari, Bukan Beri Perintah Belaka

Sering kali salah satu kelemahan yang dimiliki oleh seorang pemimpin adalah rasa senioritas, ia hanya terus-menerus memerintah karyawannya. Padahal, ini sangatlah mempengaruhi semangat karyawan atau anggotanya dalam bekerja. Melainkan, pemimpin yang memiliki kepekaan terhadap kondisi ini adalah contoh kepemimpinan yang baik.

💡 Pro Tip

Salah satu tips menjadi pemimpin yang baik yakni dengan mengajari karyawan atau anggotanya dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Metode seperti ini membuat karyawan atau anggota akan merasa dipimpin dengan baik. 

Dengan mengajari mereka, seorang pemimpin telah memberikan salah satu contoh kepemimpinan yang baik kepada anggotanya. Selain itu, jika seorang bos memberikan cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani seperti ini, anggota pun tak segan-segan akan meneladani sikap tersebut dan membagikannya kepada rekan-rekan mereka.

5. Berikan Apresiasi

Cara lain untuk menunjukan kepemimpinan yang baik adalah dengan memberikan apresiasi kepada setiap karyawan atau anggota. Apresiasi yang diberikan oleh pemimpin yang baik sangat mempengaruhi semangat anggota dalam bekerja.

Oleh sebab itu, sekecil apapun usaha yang sudah dilakukan oleh setiap anggota, seorang leader yang baik sewajarnya akan memberikan sebuah apresiasi.

💡 Contoh kata-kata apresiasi yang bisa diberikan:

  • "Meskipun belum berhasil, setidaknya kamu sudah mengambil langkah yang baik."
  • "Kamu belum terlambat, masih ada peluang lain untuk menggapainya."

Selain itu, jika leader yang baik memberikan kata-kata apresiasi, anggota pun akan merasa tidak tertekan dengan pekerjaannya dan serta hubungan yang harmonis antara pemimpin dan anggota akan terbangun.

6. Memimpin dengan Contoh

Kemudian, yang tak kalah penting juga yang perlu ditunjukan oleh seorang pemimpin yang baik yakni memberikan contoh yang nyata. Contoh ini berkaitan dengan keteladanan dan pengalaman seorang pemimpin.

Dengan memberikan contoh cara menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi seorang karyawan, secara tidak langsung ia akan menunjukan cara jadi pemimpin yang baik kepada karyawannya.

💡 Selain itu, memimpin dengan memberikan contoh bisa berkaitan juga dengan: 

  • Cara memutuskan sesuatu
  • Bertutur kata
  • Ketegasan

Jika seorang bos memberikan contoh yang baik berkaitan hal tadi, secara otomatis ia telah menunjukan cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani.

7. Tetapkan Tujuan dan Ekspektasi Karyawan dengan Jelas

Salah satu cara lain yang diimpikan oleh perusahaan yakni seorang leader yang baik bisa menetapkan tujuan dan ekspektasi karyawan dengan jelas. Karena hal ini berhubungan dengan batas-batas yang perlu dan tidak perlu dikerjakan oleh karyawan atau anggota.

💡 Ciri-ciri leader yang baik adalah:

  • Pemimpin yang baik mampu menentukan target-target yang perlu dicapai oleh anggotanya sehingga pekerjaan mereka akan menjadi lebih jelas.
  • Pemimpin yang baik juga tidak akan lupa untuk menjelaskan ekspektasinya terhadap karyawannya ketika bekerja agar tidak terjadi miskomunikasi nantinya.

Disamping itu, menjadi pemimpin yang bijaksana juga perlu melakukan hal ini sebab pekerjaan di sebuah perusahaan atau organisasi sangatlah banyak. Oleh sebab itu, penetapan tujuan dan ekspektasi karyawan sangatlah penting untuk mencegah beban pekerjaan yang berlebihan.

 8. Mintalah Masukan

Cara yang terakhir adalah meminta masukan. Jika ingin menjadi contoh pemimpin yang baik kepada anggota atau karyawan, meminta masukan atau saran dari bawahan sangatlah diperlukan.

Dengan meminta masukan, leader yang baik akan terus mengevaluasi dirinya selama memimpin serta dapat memperbaiki kinerjanya dalam memimpin. 

Tips menjadi pemimpin yang baik ini juga akan berdampak pada pertumbuhan omset perusahaan kedepannya. Terkadang, masukan dari para anggota akan sangat membantu pemimpin yang baik dalam berinovasi.

Apa Tantangan Sehari-hari menjadi Pemimpin yang Baik?

➡️ Harus Mampu Mengatasi Stres dan Kecemasan

Seorang pemimpin, pasti sudah sering mengalami tantangan bagaimana cara mengatasi stres dan kecemasan. Kedua faktor ini akan sangat mempengaruhi cara seorang pemimpin bekerja.

Pemimpin yang baik harus mampu mengenali dan menangani tantangan tersebut dari hari ke hari dan terus belajar bagaimana cara mengatasinya.

➡️ Menjadi Rentan terhadap Emosi

Tantangan kedua yang sering dihadapi oleh seorang pemimpin yang baik adalah menjadi lebih rentan terhadap emosi karena banyaknya pekerjaan yang dipikul sebagai leader. Biasanya pemimpin yang rentan terhadap emosi akan menjadi lebih cepat marah, tidak sabaran, dan berantakan.

Tantangan seperti ini cukup menguras tenaga dan pikiran jika tidak dikontrol dengan baik. Seorang pemimpin yang baik harus bisa menguasai dirinya dari amarah, kebencian, dan lain sebagainya.

➡️ Menjaga Motivasi Anggota Tim

Seorang pemimpin juga akan sering dihadapkan dengan permasalahan bagaimana cara menjaga motivasi anggota timnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk bisa menjaga motivasi dan menginspirasi timnya merupakan cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi yang perlu kamu ingat.

Memimpin banyak anggota tim bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah karena setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda-beda dan konflik akan lebih mudah muncul. Kepemimpinan yang baik akan terus dibutuhkan di setiap tim untuk menjaga motivasi mereka dalam bekerja ketika munculnya konflik.

➡️ Bekerjasama dengan Orang yang Sulit Diarahkan

Terkadang di dalam tim ada saja anggota yang sulit untuk diarahkan atau diajak kerja sama meskipun anggota lainnya telah mencoba berbagai trik untuk mengatasinya. Ini adalah salah satu tantangan sehari-hari yang akan dialami oleh seorang pemimpin yang baik. 

Jadi pemimpin yang bijaksana sangatlah dibutuhkan untuk menghadapi kesulitan seperti ini. Dalam kepemimpinan yang baik, seorang pemimpin akan terus belajar untuk mencari cara menghadapi anggota yang sulit diajak kerja sama.

Sudah cukup jelas, kan, tips-tips bagaimana menjadi pemimpin yang baik? Nah, selebihnya kembali kepada bagaimana cara kamu membentuk dirimu menjadi pemimpin di perusahaan atau organisasi kelak. Sebab, setiap orang memiliki karakternya masing-masing. Namun demikian, kerendahan hati dan kejujuran adalah kunci penting yang harus dimiliki oleh seorang leader yang baik.

CakeResume adalah sebuah online CV builder yang praktis. Ada banyak template yang menarik dan yang mudah untuk digunakan. Kamu juga bisa unduh CV dalam format PDF, lho, 100% gratis! Yuk, buat CV kamu dengan CakeResume sekarang juga 🎉

--- Ditulis Oleh Desman Perdamaian Gulo ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.