10 Prospek Kerja Administrasi Publik yang Menjanjikan dan Gajinya!

Banyak orang berfikir, pekerjaan lulusan administrasi publik akan berhubungan dengan urusan administrasi perkantoran saja. Tetapi, benarkah demikian?

Tahukah kamu di era perkembangan zaman saat ini, banyak pekerjaan berkembang pesat, salah satunya pekerjaan dari jurusan administrasi publik. Lalu, apa sajakah prospek kerja administrasi publik saat ini? Apa saja jenis mata kuliah administrasi publik yang berhubungan dengan dunia kerja? Dan yang terakhir, apa prospek kerja jurusan ilmu administrasi publik yang menggiurkan sekarang?

Artikel kali ini akan mengupas habis seputar kuliah jurusan administrasi publik dan prospek kerja administrasi negara. Harapannya, ulasan ini bisa membantu para lulusan sarjana administrasi publik untuk mengetahui peluang kerja yang ada.

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Publik
Alasan Memilih Jurusan Administrasi Publik

📚 Baca juga: 9 Prospek Kerja Ilmu Politik yang Menjanjikan dan Gajinya!

Mengenal Kuliah Jurusan Administrasi Publik

Apa itu Jurusan Administrasi Publik?

Sekilas orang bisa berpikir kalau jurusan administrasi publik adalah pekerjaan yang berurusan dengan surat-menyurat, notulen, draft dokumen-dokumen kantor, dan sebagainya. Namun, ternyata mahasiswa dengan lulusan administrasi publik memiliki kesempatan besar memgembangkan karirnya diberbagai sektor. Lantas, apa itu jurusan administrasi publik?

Administrasi publik adalah sebuah bidang yang juga dikenal dengan jurusan administrasi negara. Fakultas administrasi negara ini sudah dibuka di beberapa universitas di Indonesia. Jika kamu ingin mengambil jurusan ilmu administrasi negara, program studi ini akan mempelajari beberapa bidang, mencakup pemerintahan, kebijakan publik, dan masyarakat. 

Untuk kamu yang akan berkuliah jurusan administrasi negara, kamu akan mempelajari sistem pemerintahan, implementasi dalam tatanan birokrasi, serta kaitannya dengan layanan publik/masyarakat. Konektivitas peranan inilah yang membawa prospek kerja ilmu administrasi negara semakin besar di dunia pekerjaan. Syarat masuk jurusan administrasi negara adalah harus memiliki ketelitian dan kecakapan dalam berkomunikasi.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Publik

Berikut ini beberapa mata kuliah administrasi negara yang penting untuk dipelajari sebagai bekal kelak kamu bekerja di ranah administrasi publik.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Publik

  • Administrasi Pembangunan
  • Pengantar Ilmu Administrasi Publik
  • Kebijakan Publik
  • Isu-isu Organisasi Publik
  • Etika Administrasi Publik
  • Evaluasi Kebijakan Publik
  • Manajemen Pelayanan Publik
  • dsb. 

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Publik

Bagi kamu yang masih ragu alasan memilih jurusan administrasi publik, berikut ini beberapa poin yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Memiliki prospek kerja yang luas di pemerintahan, industri, dan masyarakat
  • Akan dibekali ilmu-ilmu administrasi publik yang tepat sasaran baik di bidang pemerintahan, organisasi, bisnis, pendidikan.
  • Memiliki peluang besar sebagai konsultan bidang kebijakan administrasi publik.
  • Teliti dalam menyusun administrasi publik yang berguna untuk semua bidang. 
  • Cakap dalam berkomunikasi baik berurusan dengan manajemen dan kebijakan administrasi publik
  • Memiliki peluang berpartisipasi dalam penyusunan administrasi pemerintah daerah dan juga pusat.

📚 Baca juga: 10 Prospek Kerja Hubungan Internasional yang Menjanjikan! [+Gaji, Info Kuliah, dll.]

Prospek Kerja Administrasi Negara


Bagi kamu yang masih penasaran administrasi publik kerja apa saja serta kompetensi dan gaji yang akan didapatkan, yuk simak penjelasan berikut ini. 

1. Konsultan Pemerintah

Salah satu peluang kerja administrasi publik adalah sebagai konsultan pemerintah. Konsultan bertugas untuk memberikan beberapa ide atau gagasan berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi di lingkungan pemerintahan. Diharapkan dengan hadirnya seorang lulusan dari program studi administrasi negara dapat memberikan pemikiran-pemikiran strategis dalam mengatasi permasalahan yang ada sehingga pemerintah dengan yakin mengambil sebuah keputusan tepat.

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: sebagai konsultan pemerintah, seseorang yang bergelar lulusan administrasi negara perlu memiliki keterampilan seperti ketelitian tinggi, cakap berkomunikasi, kemampuan menulis, kemampuan menganalisa, dan memiliki sertifikat keprofesian.

💰 Kisaran Gaji: gaji konsultan pemerintah akan berkisar Rp 5.000.000 - Rp 10.000.000/bulan.

2. Staff Legislatif

Prospek kerja lulusan administrasi negara juga bisa berpeluang bekerja sebagai staff legislatif. Peluang ini didukung karena seorang lulusan dari jurusan administrasi pemerintahan sudah pernah mempelajari tentang administrasi kelembagaan, salah satunya pekerjaan di lembaga legislatif. 

Peranan staff legislatif adalah merumuskan kebijakan-kebijakan publik. Pekerjaan sebagai staff legislatif tidak lepas dari dunia politik. Oleh sebab itu, jika kamu seorang lulusan administrasi publik tertarik dengan kebijakan dan urusan dunia politik, menjadi staff legislatif adalah salah satu pilihannya. 

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: sarjana dari jurusan administrasi negara memahami tentang prosedur kerja parlemen, menguasai alur koordinasi antar parlemen dan lembaga pemerintahan, serta memiliki kecakapan tentang perundang-undangan. Selain itu, dibutuhkan keterampilan berkomunikasi yang baik. 

💰 Kisaran Gaji: gaji pokok staf legislatif berkisar Rp 4.200.000 - Rp 7.000.000. Akan tetapi, kisaran gaji ini tergantung tingkatan badan legislatif, di daerah atau pusat. Kemudian, selain gaji pokok, staff legislatif akan menerima beberapa tunjangan per bulan.  

3. Pekerja LSM

Prospek kerja ilmu administrasi negara adalah berkontribusi di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Orang-orang yang bekerja disini akan bertugas untuk memantau keefektifan program kerja baik pemerintah dan juga organisasi. Seorang sarjana administrasi publik diharapkan bisa menjadi jembatan untuk menjaga citra sebuah lembaga atau juga perusahaan. Selain itu, mampu mempelopori penggalangan dana darurat jika ada kejadian seperti bencana alam. 

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: mampu berkomunikasi dengan baik, mampu memimpin sebuah tim, memiliki wawasan tentang organisasi atau kelembagaan, berintegritas.

💰 Kisaran Gaji: gaji pekerja LSM berkisar Rp 4.000.000 - 6.000.000 per bulan. Akan tetapi kisaran gaji ini bervariasi. Tergantung jenis LSMnya. Artinya, tidak ada patokan kisaran gaji yang tetap karena LSM merupakan sebuah organisasi yang bersifat non-government.

4. Anggota Partai Politik

Sebagai pemegang gelar lulusan administrasi negara, tidak tertutup kemungkinan kamu bisa terjun di dalam dunia politik. Sebagai anggota partai, kamu bisa berkontribusi untuk mendesain kebijakan-kebijakan yang pro masyarakat. Ilmu yang didapatkan dari mata kuliah administrasi negara bisa diimplementasikan dalam menangani isu-isu strategis di dunia perpolitikan, ekonomi, dan juga sosial masyarakat. 

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: analisis yang kuat, kecakapan berkomunikasi, memiliki wawasan ilmu politik dan kebijakan publik, berintegritas, berjiwa pemimpin. 

💰 Kisaran Gaji: kisaran gaji anggota partai politik disesuaikan dengan partai masing-masing. 

5. Manajemen ASN (Aparatur Sipil Negara)

Pengelolaan ASN merupakan pekerjaan yang cukup kompleks karena ASN merupakan jenis pekerjaan yang sangat diminati oleh kebanyakan orang. Manajemen pekerjaan ASN haruslah diurus oleh orang-orang yang berkompeten, salah satunya orang-orang lulusan administrasi publik. 

Mereka akan bertugas mengelola administrasi para pekerja ASN. Selain itu, seseorang dari jurusan ilmu administrasi negara bertugas dalam penyeleksian calon ASN yang memiliki beberapa tahapan seleksi. Oleh karenanya, dibutuhkan orang-orang yang profesional seperti dari jurusan administrasi publik untuk menangani pekerjaan tersebut.

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: menguasai administrasi perkantoran, memahami peraturan pemerintah tentang pekerjaan ASN, teliti, dan berintegritas.

💰 Kisaran Gaji: pembagian kisaran gaji pekerja ASN tergantung jenis golongannya dan tahun kerja. Misalnya, jika kamu golongan III/A (0 tahun) sekitar Rp 2.579.000, golongan III/A (4 tahun) sekitar Rp 2.744.000, IV/A (0 tahun) sekitar Rp 3.044.000, IV/A (4 tahun) sekitar Rp 3.239.000, dan sebagainya.

6. Konsultan Pajak

Prospek kerja administrasi publik lainnya adalah sebagai konsultan pajak. Disini,  seorang sarjana administrasi publik bertugas sebagai penyedia jasa konsultan untuk masalah hak dan kewajiban pajak perorangan atau badan usaha. 

Seorang konsultan pajak bisa membantu perhitungan kewajiban pajak yang harus dibayar oleh klien. Selain itu, konsultan pajak bertugas untuk membuat laporan pajak, perencanaan pajak, serta bisa memberikan solusi dalam hal permasalahan perpajakan. 

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: lulusan administrasi publik perlu memiliki kemampuan seperti kemampuan analysis dan berhitung, penguasaan ilmu perpajakan, manajerial dan berpikir strategis, berkomunikasi, dan teliti.

💰 Kisaran Gaji: Rp 7.000.000 - Rp 9.000.000 per bulan. Hal ini bergantung level konsultan, misalnya junior atau senior konsultan.

7. Jurnalis

Pekerjaan yang tak kalah menarik bagi seorang lulusan dari jurusan ilmu administrasi negara adalah jurnalis. Tugas jurnalistik memerlukan wawasan berpikir yang luas, terutama dalam hal politik. 

Sarjana dari jurusan ilmu administrasi publik pastinya paham tentang hubungan kebijakan publik kaitannya dengan politik. Oleh sebab itu, jurnalis dari jurusan ilmu administrasi negara memiliki peluang besar dalam menulis artikel tentang isu-isu politik serta kebijakan publik.

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: wawasan luas, mahir menulis, berpikir kritis, berintegritas, serta cakap berkomunikasi.

💰 Kisaran Gaji: Rp 1.700.000 - Rp 8.500.000 per bulan. Kisaran gaji ini bergantung pada perusahaan jurnalistiknya.

8. Peneliti

Seorang yang memegang gelar lulusan administrasi negara terbuka peluang untuk menjadi peneliti bidang kebijakan publik. Ditengah kompleksnya pekerjaan yang berhubungan dengan kebijakan publik, kehadiran peneliti dengan latar belakang jurusan ilmu administrasi publik sangatlah dibutuhkan karena mereka sudah familiar dengan masalah tersebut. 

Tugas peneliti bidang administrasi publik adalah melakukan survei untuk mengevaluasi implementasi dari kebijakan publik yang sudah dibuat, menghimpun aspirasi masyarakat terkait kebijakan pemerintah, memecahkan jalur administrasi publik yang ruwet, dsb.   

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: teliti, detail, memiliki analisa tajam, mampu mensosialisasikan kebijakan publik ke masyarakat. 

💰 Kisaran Gaji: Rp 4.500.000 - Rp 10.000.000 per bulan.

9. Tenaga pengajar

Selain itu, prospek kerja administrasi publik berkaitan dengan dunia pendidikan. Jika kamu memiliki jiwa seorang pengajar dan mempunyai keahlian bidang administrasi publik, menjadi guru atau dosen adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa membagikan ilmu yang sudah didapatkan selama kuliah jurusan administrasi publik kepada siswa atau mahasiswanya. 

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: kemampuan mengajar, komunikasi, analisa yang baik, berintegritas, menguasai bidang administrasi publik.

💰 Kisaran Gaji: Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000 per bulan.

10. Pegawai BUMN

Lulusan administrasi publik bisa bekerja sebagai pegawai BUMN. Tugas seorang lulusan administrasi publik di dalam BUMN seperti mengurus peraturan-peraturan yang berkaitan dengan perpajakan. 

Seorang pegawai BUMN juga melakukan hubungan yang baik dengan pemerintah karena perusahaan BUMN berada di bawah naungan pemerintah. Oleh sebab itu, orang lulusan sarjana administrasi publik harus memiliki kemahiran dalam hal kebijakan perusahaan BUMN dan pemerintah.

💻 Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: paham ilmu kebijakan pemerintah, kebijakan administrasi perusahaan/institusi, teliti, progresif, serta memiliki jiwa pemimpin.

💰 Kisaran Gaji: kisaran gaji BUMN sebesar Rp 3.000.000 sampai Rp 74.000.000 per bulan.

Itulah 10 prospek kerja administrasi publik yang menjanjikan. Jika kamu ke ingin berkecimpung di salah satu jenis pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi publik, persiapkanlah dirimu sebaik mungkin selama berkuliah di jurusan administrasi publik. Karena sejatinya, tingkat kepakaran kita akan menentukan karir kita kedepannya.

--- Ditulis Oleh Desman Perdamaian Gulo ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Feb 7th 2023

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...