Surat Lamaran Kerja sebagai Barista
Created by CakeResume

Di artikel ini, kamu akan mempelajari tentang lamaran kerja di cafe sampai tuntas:


Rasanya sehari ada yang kurang deh kalo gak ngopi. 

Ngopi sekarang bukan sekedar minum kopi, namun sudah menjadi rutinitas bagi anak-anak millenials di Indonesia. Ke coffee shop bukan hanya untuk sekedar ngopi, tapi juga nongkrong dan bertukar pikiran dengan teman. Berbagai kedai kopi pun bermunculan dan membuka peluang baru untuk para pebisnis di tanah aih. Bahkan salah satu kedai kopi karya bangsa telah mendapatkan pendanaan dari Investor asing untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Dengan banyaknya minat dari masyarakat untuk ngopi, timbul juga kebutuhan tenaga barista yang besar untuk bekerja di coffee shop. Pekerjaan barista pun menjadi naik daun dan digemari oleh banyak anak muda. Ditambah banyak yang merasa menjadi barista adalah suatu hal yang keren karena appron yang dipakai. Apa kalian juga ingin menjadi barista?

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memahami cara membuat lamaran kerja di cafe atau coffee shop. Saat mau melamar kerja, entah pekerjaan pertama ataupun berganti kerja dari satu tempat ke tempat lain, pastinya kalian membutuhkan surat lamaran kerja. 

Surat lamaran kerja bahasa Indonesia biasanya tidak lebih dari 1 halaman atau sekitar 150-250 kata. Lewat surat lamaran kerja, seseorang dapat menjelaskan maksud dan tujuan melamar suatu pekerjaan beserta melampirkan dokumen yang menjadi persyaratan kerja.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Cafe

Surat lamaran kerja merupakan langkah pertama yang dilakukan seseorang untuk melamar pekerjaan di cafe ataupun coffee shop. Biasanya, rekruter akan membaca surat lamaran terlebih dahulu sebelum dokumen lain. Surat lamaran yang dikirim sebagai surat pengantar harus menjelaskan intensi pelamar kepada rekruter beserta lampiran dokumen pendukung seperti CV untuk bekerja di cafe.

Bagian-bagian pada surat lamaran pekerjaan di cafe adalah:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Hal pertama yang harus ditulis saat membuat surat lamaran ke cafe adalah menuliskan tempat dan tanggal ditulisnya surat lamaran kerja.

Contoh penulisan tanggal pada surat lamaran kerja di cafe:

  • Penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia: 11 Maret 2021 (tanggal, bulan, tahun)
  • Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris: March 11, 2021 (bulan, tanggal, tahun)

2. Tujuan Surat

Tahap selanjutnya adalah menuliskan tujuan surat. Tujuan surat ada bermacam-macam, namun tujuan surat lamaran ke cafe adalah “Lamaran pekerjaan”.

Contoh penulisan tujuan surat lamaran kerja di kedai kopi:

Perihal:   Lamaran Pekerjaan

3. Salam Pembuka

Setelah itu, sapa rekruter secara formal dengan menyebutkan namanya. Kalian bisa mendapatkan informasi ini dari Linkedin ataupun membaca lebih detail lowongan pekerjaan tersebut.

Contoh salam pembuka surat lamaran kerja starbucks:

Kepada Yth.
Bapak Andi Fahrizal
Manajer Starbucks Kuningan

Dengan hormat,

4. Isi Surat Lamaran Kerja ke Cafe

Bagian ini merupakan bagian paling penting di surat lamaran kerja untuk cafe. Pada bagian ini, seseorang harus :

✔️ Menjelaskan maksud dan motivasi melamar kerja.

Tuliskan darimana kamu mengetahui lowongan tersebut serta posisi yang akan dilamar, apakah barista, staff, kasir maupun chef.

Contoh menjelaskan maksud dan motivasi:

“... Sehubungan dengan iklan lowongan kerja di Linkedin, saya ingin melamar menjadi barista di Cafe XX...”

✔️ Memperkenalkan diri

Perkenalkan diri kamu secara formal dengan menuliskan biodata diri singkat. Biodata pada lamaran kerja cafe termasuk nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor telpon, email dan juga alamat.

5. Lampiran Dokumen untuk Lamaran Kerja di Cafe

Bagian selanjutnya adalah memperkenalkan kualifikasi yang kalian miliki dan mengapa kalian adalah orang yang pantas untuk bekerja di cafe tersebut. Jelaskan secara singkat dan jelas. Setelah itu, tuliskan dokumen yang dilampirkan pada lamaran kerja yang sesuai dengan persyaratan melamar kerja di cafe.

Contoh lampiran pada surat lamaran kerja barista:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi Sertifikat Training Barista
  5. Fotokopi Surat Keterangan Kerja di Cafe
  6. Fotokopi SKCK

6. Penutup

Setelah menuliskan segala kelengkapan dokumen dan mempromosikan diri sebagai kandidat yang tepat untuk bekerja di cafe, jangan lupa untuk menuliskan dua hal penting pada bagian penutup surat lamaran kerja cafe, yaitu terima kasih dan ekspektasi kamu. 

  • Ucapkan harapan kalian untuk dapat melanjutkan proses perekrutan dan mendapatkan wawancara kerja. 
  • Terakhir, ungkapkan rasa terima kasih kalian untuk waktu dan perhatian yang telah diberikan manajer untuk membaca surat lamaran kerja kalian.

Contoh penutup surat lamaran kerja di coffee shop:

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Besar harapan saya untuk mendapatkan wawancara kerja di cafe yang Bapak/ Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

7. Salam Penutup: Nama dan Tanda Tangan

Bagian terakhir dari surat lamaran kerja untuk cafe adalah salam penutup. Salam penutup pada surat lamaran di Indonesia yang paling sering digunakan adalah “Hormat saya”.

Contoh salam penutup lamaran kerja barista di cafe:

Hormat saya,


Moh. Fahmi Idris

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja di Cafe

Setelah mengetahui contoh bagian yang harus ada pada surat lamaran kerja di coffee shop, ini dia tips membuat lamaran pekerjaan cafe jadi menarik dan berbeda dari yang lainnya.

✅ Tonjolkan keterampilanmu yang cocok untuk bekerja di cafe.

Saat menulis lamaran pekerjaan untuk ke cafe, jangan menulis semua keterampilan yang kamu miliki. Pilih 3 skill utama yang akan berguna untuk posisi di coffee shop.

📝 Contoh skill untuk lamaran pekerjaan di cafe:

Barista

  • Kreativitas
  • Cekatan
  • Perhatian pada Detail

Kasir

  • Komunikasi
  • Pemecahan Masalah
  • Analitikal

Waiter

  • Multitasking
  • Bekerja Sama dalam Tim
  • Customer Service

✅ Pelajari persyaratan melamar kerja di cafe.

Ketika melihat iklan lowongan pekerjaan di coffee shop, perhatikan dengan baik persyaratan yang diminta oleh coffee shop tersebut. Jika kamu memenuhi semua kualifikasi yang diminta, maka kamu adalah kandidat yang tepat untuk mengisi lowongan tersebut.

Contoh persyaratan melamar kerja di cafe:

LOWONGAN KERJA BARISTA KOPI JANJI MANIS

  1. Pria, usia maksimal 30 tahun
  2. Pendidikan min SMA/ sederajat
  3. Berpengalaman di bidang barista min 1 tahun
  4. Bersedia bekerja weekend
  5. Bersedia pulang larut malam
  6. Berdomisili di daerah Tangerang
  7. Jujur, disiplin, cekatan dan bertanggung jawab
  8. Niat bekerja

✅ Lampirkan dokumen pendukung seperti CV atau sertifikat barista.

Surat lamaran kerja ke cafe tidak lengkap jika tidak menyertakan dokumen wajib seperti daftar riwayat hidup. Opsi tambahan, jika memiliki sertifikat barista, portfolio barista ataupun surat keterangan kerja dari cafe sebelumnya juga bisa menjadi nilai plus untuk melamar kerja di coffee shop.

CV Barista Kopi
Contoh Daftar Riwayat Hidup Barista - Created by CakeResume

Mau buat CV menarik seperti contoh CV guru di atas? Yuk! Buat langsung CV guru kamu secara GRATIS di CakeResume sekarang juga. Bisa didownload sebagai PDF 🎉

✅ Cek sebelum mengirim lamaran kerja.

Terakhir adalah hal yang paling mudah dilakukan namun banyak orang yang malas untuk melakukannya, yaitu mengecek surat lamaran kerja. Kamu harus membaca keseluruhan surat yang ditulis, apakah ada yang salah ketik atau salah penulisan.

Cek kelengkapan dokumen, pastikan semua dokumen yang dituliskan diminta pada persyaratan kerja di cafe sudah lengkap. Dengan melakukan semua hal di atas, kamu sudah melakukan yang terbaik dan tinggal menunggu hasil dengan berdoa.

5 Contoh Surat Lamaran di Cafe

1. Contoh Surat Lamaran Kerja di Kopi Janji Jiwa

Surabaya, 20 September 2021

Kepada Yth,
Bapak Ilham Buwono
Pimpinan Kopi Janji Jiwa
Jl. Dharmawangsa No 48
Surabaya

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan lowongan kerja yang dipasang di jobstreet.com tentang lowongan kerja sebagai Barista di Kopi Janji Jiwa. Maka melalui surat lamaran ini, saya bermaksud untuk melamar di posisi tersebut. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Alamat
Pendidikan Terakhir
No Hp

: Novendra Setiawan
: Jl. Puncak Indah Lontar No 2, Surabaya
: SMA
: 0819 3838 7575

Saya telah memiliki pengalaman kerja sebagai barista selama 1 tahun di salah satu cafe di Surabaya. Saya adalah seorang yang kreatif, disiplin, dan berorientasi pada detail. Saya yakin bahwa saya adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut dokumen persyaratan yang saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi SKCK
  5. Surat keterangan pengalaman kerja
  6. Fotokopi Sertifikat Pelatihan Barista
  7. Foto Berwarna Ukuran 3x4 2 Lembar

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Besar harapan saya untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang kualifikasi yang saya miliki, Atas perhatian dan waktu Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ilham Hidayat

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Starbucks

Jakarta, 11 November 2020

Lampiran : 5 lembar
Perihal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Starbucks Jakarta
Jl. Diponegoro No 20 Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Jenis kelamin 
Pendidikan terakhir
Alamat
Tanggal lahir

: Andri Putra
: Laki-laki
: SMA
: Kelapa Nias, Jakarta
: 9 September 1998

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di Linkedin terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT. Starbucks Cabang Kelapa Gading untuk ditempatkan di bagian Barista, maka dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja untuk menempati posisi tersebut.

Saya adalah orang yang bertanggung jawab, cekatan dan mau belajar. Bersama dengan surat ini, berikut saya lampirkan dokumen untuk bahan pertimbangan:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Fotokopi Sertifikat Pelatihan Latte Art
  5. Pas foto

Demikian surat lamaran ini saya buat sejujur-jujurnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Andri Putra

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe Sebagai Kasir

Bandung, 26 April 2021

Kepada Yth.
Bapak/ Ibu Manajer HRD Kopi Kenangan
Bandung

Berdasarkan iklan dari Instagram Story Kopi Kenangan di @kopikenangan.id pada tanggal 25 April 2021 tentang lowongan pekerjaan untuk posisi kasir. Melalui surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran untuk mengisi posisi tersebut.

Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama
Tanggal lahir
Jenis kelamin
Pendidikan terakhir
HP

: Monika Hakim
: 28 Oktober 2000
: Wanita
: SMK
: 0877 8282 2727

Saya telah memiliki pengalaman menjadi kasir di cafe selama 3 tahun. Saya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, berorientasi pada detail dan dapat memecahkan masalah. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan dokumen untuk persyaratan kerja:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah terakhir
  3. Curriculum Vitae
  4. Sertifikat Kompetensi Microsoft Excel dan Word
  5. Fotokopi SKCK
  6. Pas Foto

Demikian surat lamaran ini saya tulis dengan keadaan sesungguhnya. Besar harapan saya untuk dapat mengikuti tahap selanjutnya dan bisa bergabung di Kopi Kenangan. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Monika Hakim

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Via Email

Salah satu skill penting yang harus dimiliki jika kamu ingin melamar sebagai guru honorer yaitu skill pembagian waktu yang baik. Dengan memiliki skill ini, menunjukkan bahwa kamu memiliki tanggung jawab yang baik dengan segala tugas dan kewajiban yang kamu punya.

To : [email protected]
Subject : Lamaran Barista - Ketut Raihan Kesuma

Dengan hormat, 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Tempat, tanggal larir
Alamat
No. Telepon

: Ketut Raihan Kesuma
: Bali, 17 April 1999
: Jl. Hamengkubuwono no. 9
: 0857 2828 9990

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari Instagram @magang.id pada tanggal 20 Agustus 2021 tentang dibukanya lowongan pekerjaan di Kopi Tuku Bali, saya baermaksud untuk mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin.

Bersamaan dengan surat ini, sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu saya lampirkan fotocopy dokumen administratif:

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Ijazah
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi Sertifikat LSP Barista

Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ketut Raihan Kesuma

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Bahasa Inggris

Dear Ms. Susi Buntoro,

My name is Rudy, and I’m excited to apply for the barista position at the Kopi Kamu Cafe as referred to me by Anton, your loyal customer. As an experienced barista with more than 4 years of experience, I believe that I can bring my expertise and creative coffees to expand your coffee shop business.

I’m currently the lead barista for JULO Kopi in Malang. I managed three baristas and oversaw the operation of the coffee shop. During my time here, I’ve contributed to the business winning local awards including “Most Buy Coffee in Gofood” and “Best Latte in Town”.

During my career as a professional barista, I’ve achieved significant accomplishments such as:

  • Improved the customer satisfaction on Google Review from 3.7 stars to 4.2 stars
  • Increased the number of regular customers through remembering their names and allowing customization, contributing to a 15% increase in revenue last year

What motivates me is helping others to enjoy the day through a cup of coffee. I can’t be present and cheer everyone up, but I can help them get the best coffee to lighten up their day. I’m eager to contribute to society with your team, as I am a big fan of your establishment and have been enjoying your services.

I’ve attached my resume for further consideration. Don’t hesitate to contact me at [email protected] or call me at 081299292000 to discuss in some ways in which I will contribute to Kopi Kamu Cafe soon. Looking forward to hearing from you soon!

Sincerely,

Rudy Pratama

Nah, itu dia cara melamar kerja menjadi barista di coffee shop kekinian. Jadi kapan akan mulai menulis surat lamaran kerja untuk melamar ke cafe? Jangan terlalu lama memikir, buruan ambil kesempatan yang ada!

--- Originally written by Jane Setiady ---


CakeResume
contributor

CakeResume

With the intention of helping job seekers to fully display their value, CakeResume creates an accessible free resume/CV/biodata builder, for users to build highly-customized resumes. Having a compelling resume is just like a piece of cake!

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume