Apa Itu Technopreneurship? Skill dan Cara Menjadi Technopreneur Sukses!

Apa itu technopreneur? Technopreneur adalah salah satu profesi yang sedang populer saat ini dimana orang-orang menjalankan usaha di bidang technopreneurship. Lalu, apa itu technopreneurship

Technopreneurship adalah salah satu bisnis di bidang teknologi yang saat ini banyak dibutuhkan di berbagai sektor industri. Peluangnya yang besar membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari tentang technopreneurship dan skill apa saja yang dibutuhkan. Jika kamu penasaran, berikut adalah ulasan lengkap tentang apa itu technopreneurship dan contohnya!

Pengertian Technopreneurship

apa-itu-technopreneurship, technopreneurship-adalah

Apa itu technopreneurship? Technopreneurship adalah usaha menciptakan, mengembangkan, dan mengelola bisnis yang berfokus pada inovasi atau produk-produk teknologi. Technopreneurship berasal dari dua kata yaitu teknologi dan kewirausahaan (entrepreneurship). 

Lalu, apa yang dimaksud dengan technopreneur? Technopreneur adalah individu atau sekelompok orang yang menjalankan usaha di bidang teknologi. Contoh usaha technopreneur biasanya memanfaatkan teknologi untuk menciptakan peluang bisnis baru atau meningkatkan produk dan layanan yang sudah ada.

📚Baca Juga: Apa itu Startup? Ketahui Perbedaan Startup dan Perusahaan Lainnya

Pentingnya Technopreneurship Bagi Ekonomi

technopreneurship-adalah, fungsi-technopreneurship

1. Membuat Lapangan Kerja

Kemunculan bisnis startup saat ini merupakan salah satu contoh technopreneur di Indonesia. Banyaknya kemunculan bisnis startup tersebut mampu menciptakan banyak lapangan kerja dengan berbagai macam jenis profesi baru.

Dengan begitu, peluang usaha technopreneur telah terbukti dapat mengurangi masalah jumlah pengangguran dan berdampak besar dalam penyerapan tenaga kerja.

2. Perkembangan Teknologi

Sebagai salah satu bisnis yang memanfaatkan teknologi, technopreneurship adalah salah satu bisnis yang mendorong perkembangan teknologi. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang technopreneurship akan terus berusaha untuk mengembangkan teknologi yang efektif dan efisien untuk para target pasarnya.

3. Menambah Penggunaan Sumber Daya

Seperti yang kamu tahu, startup adalah salah satu contoh technopreneurship yang memiliki visi utama yaitu menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitar masyarakat. 

Sebagai contoh, startup ojek online yang saat ini populer di Indonesia mampu menyerap berbagai sumber daya mulai dari mitra ojek, pedagang makanan, apotek, dan masih banyak lagi.

4. Mendorong Berkembangnya UMKM

Tuntutan penggunaan teknologi di segala aspek membuat peluang usaha technopreneur kini semakin meningkat. Kehadiran berbagai startup yang turut menggandeng berbagai UMKM kini juga berperan untuk memberikan kesempatan bagi para UMKM tersebut untuk berkembang dan Go International.

Keterampilan Penting Dari Technopreneur

1. Kemampuan Bekerja Sama Dalam Tim

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki seorang technopreneur adalah kemampuan bekerja sama dalam tim. Technopreneurship adalah bisnis yang membutuhkan kerja sama tim yang solid agar bisa berjalan dengan sukses.

Suatu tim bisa memiliki anggota yang berasal dari daerah atau bahkan negara yang berbeda. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi dan kerja sama tim yang baik dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

2. Memiliki Pemikiran Kritis yang Baik

Menjadi technopreneur juga harus memiliki kemampuan berpikir secara kritis. Kemampuan berpikir kritis ini meliputi pemahaman yang mendalam tentang dunia teknologi dan bisnis yang digeluti. 

Bisnis dan teknologi merupakan dua bidang yang sangat dinamis. Seorang technopreneur Indonesia perlu memahami trend dan masalah apa yang sedang berkembang di masyarakat agar bisa terus bertahan di industri ini.

3. Memiliki Keterampilan Penyelesaian Masalah 

Selain persaingan yang tinggi, technopreneurship juga merupakan bisnis dengan tingkat permasalahan yang cukup beragam. Beberapa permasalahan yang sering dialami para technopreneur yaitu kestabilan layanan aplikasi, permasalahan lisensi, gangguan jaringan, dan risiko hacking

Untuk mengatasi berbagai kemungkinan masalah atau risiko tersebut, seorang technopreneur juga perlu memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik.

4. Jiwa Kewirausahaan yang Kuat

Keterampilan lain yang perlu dimiliki oleh seorang technopreneur adalah jiwa kewirausahaan yang kuat. Menjalankan bisnis technopreneurship membutuhkan dedikasi dan kemampuan untuk menghadapi tantangan. 

Peluang usaha technopreneur di Indonesia ini sangat tinggi. Seperti yang kamu tahu, kemunculan startup di Indonesia mulai booming pada tahun 2015 lalu. Namun, tidak semua startup bisa bertahan hingga saat ini. Fenomena banyaknya startup yang gulung tikar tersebut dikenal juga dengan sebutan Tech Winter.

5. Memiliki Kemampuan Untuk Mengambil Keputusan

Technopreneurship adalah salah satu bidang bisnis yang sangat dinamis. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan pengambilan keputusan yang cepat agar tidak sampai kehilangan peluang yang bagus.

Sebagai technopreneur, kamu juga akan menghadapi tantangan dan masalah yang tidak terduga. Seperti perubahan trend dan kebutuhan konsumen yang sangat cepat. Agar bisa terus bertahan di tengah perubahan yang cepat tersebut, seorang technopreneur perlu memiliki skill pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Mau buat CV technopreneurship yang profesional seperti contoh-contoh di atas? Yuk, buat CV ATS kamu di CakeResume, 100% gratis! 🎉

Tertarik Menjadi Technopreneur?

Setelah memahami pengertian technopreneurship dan skill apa saja yang dibutuhkan, apakah kamu tertarik untuk menjadi seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, atau Nadiem Makarim? 

Untuk menjadi sukses seperti beberapa contoh technopreneur tersebut, kamu perlu melatih skill tentang technopreneurship. Kamu bisa memulainya dengan berkuliah di jurusan Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, atau Sistem Informasi. Dengan berkuliah di jurusan-jurusan tersebut, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal dunia technopreneurship lebih dalam.

Perkembangan dunia TI di berbagai sektor juga membuat trend industri technopreneurship dan permintaan tenaga kerja di bidang TI terus meningkat. 

Untuk mendapatkan kandidat terbaik di bidang technopreneurship, CakeResume memiliki Recruitment Service yang berfokus pada industri teknologi. Dengan tim konsultan terbaik, CakeResume telah berhasil membantu beberapa perusahaan Fortune 500 dan startup untuk merekrut talenta terbaik.

Mau buat CV technopreneurship yang profesional seperti contoh-contoh di atas? Yuk, buat CV ATS kamu di CakeResume, 100% gratis! 🎉

Selain berkuliah di jurusan TI dan melatih skill tentang technopreneurship, kamu juga perlu membangun CV yang menarik. CV yang bagus akan meningkatkan kesempatan kamu untuk dilirik oleh para recruiter.

Untuk meningkatkan kualitas CV, kamu bisa menggunakan platform pembuatan CV gratis CakeResume. Tersedia 50+ template CV gratis yang bisa kamu jadikan referensi untuk membangun CV yang menarik. Tunggu apa lagi? Yuk, coba sekarang!

Mau raih pekerjaan impianmu? Yuk, buat CV lamaran kerja dan portofolio online kamu, lalu lamar kerja di website lowongan kerja atau aplikasi cari kerja CakeResume. Semuanya 100% gratis. Ikuti blog kami untuk tips dan tutorial buat CV dan career development!

--- Ditulis Oleh Ita Sugiharti ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.