Fitur Terbaru CakeResume Meet Membantu Networking Jadi Lebih Mudah!

cakeresume-meet

Sebagai job seeker, mendapatkan pekerjaan rasanya semakin sulit akhir-akhir ini, dan sebagai rekruter, mendapatkan kandidat yang tepat juga terasa sukar. Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya yang melatarbelakangi masalah ini?

Percaya atau tidak, sebesar 70% lowongan kerja tidak pernah ditayangkan ke mata publik tetapi dikomunikasikan dari mulut ke mulut (CNBC), dan sebagian besar pencari kerja mendapatkan pekerjaan dari network profesional mereka (LinkedIn). Berdasarkan fakta ini, sudah jelas bahwa pencari kerja dan rekruter perlu mengandalkan networking untuk mencari kerja dan merekrut kandidat baru.

Kabar baiknya, fitur terbaru  “Meet” di aplikasi CakeResume memungkinkan kamu untuk memperluas koneksi profesional secara global. Di sini kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja dari orang dalam hingga wawasan tentang tren industri terbaru dari spesialis. Mari pelajari selengkapnya di artikel ini.

 Apa itu CakeResume Meet?

CakeResume Meet adalah fitur yang baru luncur di aplikasi CakeResume sebagai platform untuk pencari kerja, rekruter, mentor, dan profesional lainnya untuk bertemu, berbagi wawasan, berkolaborasi, membuka peluang kerja, dan lainnya.

Hanya dengan Swipe. Match. Chat. kini kamu bisa mulai networking dengan para profesional seperti kamu dari berbagai sektor industri, membangun koneksi yang berharga, dan bertukar wawasan dengan mudah!

Apa keuntungan menggunakan CakeResume Meet?

  • Kesempatan networking tanpa dibatasi waktu dan lokasi: kamu bisa bertemu, membangun hubungan profesional, dan memulai percakapan dengan talenta yang belum pernah kamu temui tetapi sama-sama tertarik untuk berkenalan.
  • Membangun koneksi dari perusahaan yang beragam: selain bertemu dengan rekruter, HRD, dan headhunter, kamu juga bisa bertemu dengan para profesional di bidang industri yang sama atau profesional di bidang yang lainnya.
  • Terhubung dengan talenta yang berkualitas: melalui peninjauan manual, identitas pengguna telah dipastikan, sehingga kamu bisa membangun koneksi dengan aman.
  • Mendapatkan rekomendasi yang akurat: berdasarkan identitas, karier, topik yang ingin kamu pelajari, dan wawasan yang ingin kamu bagikan, kamu akan mendapatkan rekomendasi yang sesuai.

Manfaat Networking di CakeResume Meet

Networking dan bertemu dengan para talenta dari berbagai bidang dan perusahaan di aplikasi CakeResume Meet dapat memberikan manfaat yang begitu luas. 

Bayangkan, hanya dengan swipe ke kanan, kamu sudah bisa terhubung dengan seorang profesional dan mulai berbagi pengalaman dan pengetahuan, mendapatkan perspektif yang berbeda, serta mengembangkan skill profesional yang lebih beragam.

Untuk para pencari kerja, berikut adalah manfaat networking yang berkualitas:

  • Dapatkan panduan karier profesional dan tingkatkan strategi pencarian kerja
  • Jelajahi informasi tentang rekrutmen dan peluang untuk berkolaborasi
  • Meningkatkan dan berbagi pengetahuan profesional dan tren di tempat kerja
  • Berkomunikasi dengan profesional lintas bidang

Untuk para rekruter, HRD, dan headhunter, berikut adalah manfaat menjalin hubungan yang baik dengan pencari kerja dan rekruter lainnya:

  • Bangun employer branding dan tingkatkan efisiensi perekrutan
  • Berbagi pengalaman rekrutmen dengan sesama rekruter untuk meningkatkan skill HR
  • Mulai percakapan dan menjalin hubungan profesional dengan sesama CEO
  • Memahami tren pekerjaan dan tren industri secara langsung

📚 Baca juga: 9 Manfaat Networking Dalam Karier dan Cara Membangunnya!

Siapa Saja yang Ada di CakeResume Meet?

Di CakeResume Meet, setiap pengguna memiliki kesempatan untuk memilih dengan siapa mereka ingin terhubung berdasarkan kebutuhan mereka. Fitur ini tidak hanya menjadi jembatan antara pencari kerja dan rekruter, tetapi juga menjadi wadah komunikasi untuk semua orang yang ingin mengembangkan kariernya.

Berikut adalah 6 peran/profesi yang bisa kamu temui di CakeResume Meet:

  • Employer: CEO, HR, rekruter.
  • Headhunter: Rekruter agensi atau konsultan rekrutmen.
  • Job Seeker: Sedang aktif mencari kerja atau terbuka untuk peluang baru.
  • Mentor: Tertarik memberikan saran profesional atau pengembangan karir.
  • Profesional: Telah bekerja dan memiliki pengalaman atau pengetahuan industri.
  • Pelajar/Magang: Masih bersekolah atau sedang magang di perusahaan.

Kamu lagi cari kerja? Yuk, lamar kerja di CakeResume, ada ratusan lowongan kerja di perusahaan top Indonesia! 🎉

Cara Memperluas Jaringan Profesional di CakeResume Meet

1. Download App CakeResume dan Buat Akun

Untuk menggunakan fitur Meet, download aplikasi CakeResume terlebih dahulu dan log in jika kamu sudah memiliki akun. Jika belum, buatlah akun CakeResume kamu.

Download aplikasi CakeResume di sini! 🎉

2. Klik Fitur “Meet”

Fitur CakeResume Meet ada di sebelah tombol “Cari” pada bar di bawah. Setelah klik tombol “Meet”, kamu akan diarahkan untuk mengikuti instruksi fitur Meet.

cakeresume-meet-indonesia

3. Isi Informasi dengan Lengkap dan Temukan Profesional Lain

  • Pilih identitas dan tipe individu yang ingin ditemui.

Dari 6 peran/profesi yang telah disebutkan sebelumnya, pilih peran yang sesuai dengan identitas kamu dan pilih peran-peran yang ingin kamu temui.

cakeresume-meet-indonesia
  • Pilih topik yang ingin kamu diskusikan atau pelajari dan topik yang ingin kamu bagikan.

Agar sistem dapat memfilter individu dengan lebih akurat, pilih topik yang sesuai dengan ketertarikan kamu. Topik ini dibagi menjadi 8 kategori, yaitu:

  1. Lowongan kerja
  2. Pengembangan skill
  3. Wawasan perusahaan
  4. Panduan karier
  5. Tren industri
  6. Strategi pencarian kerja
  7. Pelatihan kepemimpinan
  8. Mock interview 
cakeresume-meet-indonesia
  • Unggah foto profil, tulis deskripsi diri, dan tambahkan tag

Untuk menjamin keamanan pengguna, isi informasi tentang diri kamu secara lengkap. Semakin lengkap data diri yang diisi, semakin tinggi juga peluang profil kamu untuk lolos di-review tim CakeResume. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tag agar sistem dapat merekomendasikan koneksi yang lebih akurat dan pengguna lain juga dapat melihat minat dan karir kamu secara sekilas. 

cakeresume-meet-indonesia

4. Peninjauan Profil oleh Tim CakeResume

Kemudian, CakeResume akan meninjau secara manual profil Meet yang telah dibuat untuk memastikan adanya lingkungan berkualitas dan aman bagi pengguna. Proses review ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari. Sistem akan memberi tahu jika profil kamu lolos atau tidak. Jika profil kamu tidak lolos, maka sistem juga akan memberi tahu alasannya.

Selama masa peninjauan, kamu tetap bisa menggeser profil orang lain untuk menjalin koneksi, dengan batas 10 geseran dalam sehari. Setelah profil kamu lolos dari peninjauan, eksposur profil kamu akan ditingkatkan dan jumlah geseran akan ditingkatkan hingga 20x lipat.

cakeresume-meet-indonesia

5. Sesi Networking Dimulai!

Setelah profil selesai di-review oleh tim CakeResume, kamu bisa mulai menjalin hubungan profesional dengan individu lain. Jika kedua individu sepakat untuk menjalin koneksi (pencocokan berhasil), kamu bisa mulai percakapan dan berdiskusi!

cakeresume-meet-indonesia

Swipe dan dapatkan koneksi baru untuk perluas peluang karier kamu di CakeResume Meet sekarang juga! 🎉

CakeResume adalah website untuk membuat CV terbaik yang bisa menunjukan professional branding kamu di mata HRD. Kamu bisa langsung menggunakan template CV ATS-friendly dari CakeResume dan download dalam bentuk PDF, 100% gratis! Selain bikin CV gratis, kamu juga bisa buat portofolio dan cari kerja dengan job portal atau aplikasi cari kerja CakeResume.

--- Ditulis Oleh Cindy Graciella ---

Kami ingin menjawab pertanyaan Anda. Dapatkan demo online yang dipersonalisasi untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen Anda:
  1. Temukan dan tarik kandidat terbaik
  2. Rekrut dalam waktu singkat
  3. Kelola proses rekrutmen Anda dalam satu sistem

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.