On The Job Training (OJT): Pengertian, Jenisnya, dan Manfaat

Saat memasuki perusahaan baru, kamu akan mengikuti OJT. Apa itu OJT? Singkatnya, kepanjangan OJT adalah On The Job Training, yang merupakan pelatihan yang diberikan oleh perusahaan untuk membantumu mengasah skill keterampilan, dan kemampuan mu selama di tempat kerja.

Di artikel ini, CakeResume akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang dilakukan saat OJT, jenis-jenis OJT, manfaat yang diperoleh serta bahasan mengenai gaji OJT. 

ojt-adalah
Pengertian OJT

Yuk langsung saja lanjut membaca paragraf berikut ini.

Apa itu OJT?

Apa yang dimaksud dengan OJT? 

Arti OJT (On the Job Training) adalah pelatihan kerja untuk meningkatkan kinerja kerja karyawan sebuah organisasi atau perusahaan. 

Umumnya, karyawan yang mengikuti OJT adalah pekerja baru atau karyawan lama yang berpindah ke divisi baru. 

OJT berbeda dengan management trainee, perbedaannya terletak pada tujuan pelatihan. Management trainee termasuk pelatihan yang diadakan agar karyawan mencapai posisi manajerial, sementara OJT adalah bentuk pelatihan yang ditujukan untuk karyawan lama maupun baru. 

👉 Ketahui Lebih Lanjut, Apa itu Management Trainee? Tugas, Gaji, dan Keuntungannya!

Tujuan OJT

Berikut adalah beberapa tujuan dari OJT sebuah perusahaan:

1. Memperkuat Kemampuan/Skill

Karyawan yang menyelesaikan masa OJT diharapkan dapat meningkatkan skill dan kemampuan dalam bidangnya masing-masing.

2. Memperhatikan Attitude

Sikap dan perilaku akan diasah selama masa OJT sehingga diharapkan agar karyawan dapat memiliki sikap yang lebih positif setelah selesai masa pelatihan OJT. 

3. Menambah Ilmu dan Pengetahuan

Ilmu pengetahuan berperan penting dalam kinerja kerja karyawan, dengan pengetahuan yang cukup, karyawan pun dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat dan baik.

Secara garis besar, tujuan pelatihan masa OJT adalah untuk mempermudah proses adaptasi teknis karyawan baru, maupun karyawan lama yang berpindah divisi atau jabatan. 

Pasang GRATIS 3 lowongan kerja pertama untuk perusahaan Anda. Sortir CV & rekrut kandidat berkualitas dengan mudah sekarang juga! 🎉

Jenis-jenis On the Job Training?

Berikut adalah beberapa jenis OJT yang perlu kamu ketahui.

1. Apprenticeship

Jenis pelatihan Apprenticeship bersifat jangka panjang dan biasanya diberikan kepada orang-orang yang bekerja di bidang perdagangan, kerajinan, dan bidang teknis.

2. Mentoring

Mentoring merupakan jenis OJT yang bersifat one on one dan umumnya diberikan kepada pekerja tingkat manajerial. Dalam sesi mentoring, senior atau pekerja akan memberikan pelatihan secara langsung kepada bawahan mengenai tugas sehari-hari. 

3. Coaching

Mirip dengan mentoring, metode coaching juga dilakukan secara one one one. Pada metode ini, atasan atau karyawan senior akan memberikan arahan kepada karyawan yang mendapatkan training. Tujuan utama coaching adalah untuk membantu karyawan mendapatkan jawaban dan solusi terhadap masalah keseharian dalam pekerjaan. 

4. Rotasi Pekerjaan / Job Rotation

Jenis On the Job Training lainnya adalah rotasi pekerjaan. Tujuan utama rotasi pekerjaan adalah untuk membantumu memahami latar belakang berbagai macam pekerjaan. Selain itu, rotasi pekerjaan juga dapat membantu karyawan untuk keluar dari kejenuhan yang dialaminya saat melakukan pekerjaan yang berulang-ulang. Selain itu, kamu pun dapat mengembangkan hubungan dengan kolega di kantor maupun dalam divisi yang berbeda.

5. Understudy

Bentuk On the Job Training (OJT) lainnya adalah Understudy, yang merupakan pelatihan yang diberikan untuk karyawan yang hendak menggantikan posisi atasannya yang akan pensiun, maupun mendapatkan kesempatan promosi.  

6. Pelatihan Instruksional Pekerjaan

Contoh program jenis OJT adalah pelatihan instruksional pekerjaan. Pelatih akan memberikan instruksi runtut mengenai pekerjaan yang akan dilakukan. Alur pelatihan ini mencakup:

  • Penjelasan gambaran umum pekerjaan dan hasil yang diinginkan.
  • Penjelasan mengenai keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.
  • Melaksanakan pekerjaan yang telah diinstruksikan.
  • Memberikan feedback dan karyawan diperbolehkan untuk bertanya pada akhir sesi pelatihan.

📚 Baca juga:  In House Training: Cara Efektif Meningkatkan Kualitas SDM dalam Perusahaan

ojt-adalah
Jenis-jenis On the Job Training

Manfaat Dilakukannya OJT

Walaupun OJT ditujukan untuk karyawan, tapi secara garis besar manfaat OJT dapat dibagi menjadi 2, yaitu untuk perusahaan dan untuk karyawan.

Bagi Perusahaan

  • OJT yang diberikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka pelaksanaan OJT juga akan membantu perusahaan mencapai targetnya.
  • Biaya pelaksanaan OJT lebih murah jika dibandingkan dengan off the job training

📚Baca Juga:  Ketahui 7 Langkah Penting Menyusun Materi Training Karyawanmu

Bagi Karyawan

  • Selain mendapatkan gaji dari hasil kerja, pelatihan on the job training juga memberi manfaat banyak bagi karyawan, yaitu meningkatkan kemampuan dan skill yang ada. 
  • Manfaat OJT lainnya adalah membantu karyawan untuk mendapatkan jawaban dan solusi akan masalah pekerjaan.

👉 Ketahui Metode Training Karyawan Lainnya dan Kembangkan Kemampuan Karyawanmu!

Kelebihan dan Kekurangan OJT

Walaupun terdapat banyak kelebihan, pelaksanaan OJT tentunya juga akan ada beberapa kekurangan. 

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari OJT. 

✅ Kelebihan

  • Pelaksanaan OJT dapat meminimalkan human error.
  • Praktik yang dilakukan selama OJT bisa langsung dipraktekkan dalam pekerjaan sehingga tidak hanya bersifat teori. 
  • Budget yang diberikan relatif murah, yaitu mencakup keseluruhan fasilitas dari perusahaan.
  • Bimbingan dipimpin oleh karyawan senior, sehingga tidak membutuhkan pelatihan dari luar.
  • Mudah dijadwalkan karena bersifat informal. 

❌ Kekurangan

  • Dikarenakan pelatih yang bukanlah seorang profesional, maka materi pelatihan yang digunakan terkadang bisa kurang terstruktur dan tidak mengandung skill yang komplit.
  • Fokus kerja karyawan kemungkinan berkurang dikarenakan karyawan harus bekerja sekaligus mengikuti pelatihan.
  • Akibat sibuknya pekerjaan, memungkinkan bagi karyawan untuk melewatkan beberapa materi pelatihan. 
  • Setiap pelatih memiliki cara ajarnya sendiri, maka metode dan kurikulum OJT tidak terstandarisasi. 
  • On the Job Training membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung kebutuhan masing-masing divisi, sehingga dapat menjadi salah satu tantangan bagi karyawan.

Kebanyakan On the Job Training dipimpin oleh karyawan senior sehingga biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Off the Job Training. Hal ini tentunya akan disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan kebijakan perusahaan.

Pasang GRATIS 3 lowongan kerja pertama untuk perusahaan Anda. Sortir CV & rekrut kandidat berkualitas dengan mudah sekarang juga! 🎉

Key Takeaways

Sekarang kamu pasti sudah paham apa arti OJT kan?

Nah, berikut adalah berbagai poin penting dari artikel kali ini yang perlu diketahui seputar On the Job Training

  • Pengertian OJT (On The Job Training) adalah program pelatihan yang diberikan kepada karyawan baru dan lama, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Secara garis besar, tujuan pelatihan OJT adalah untuk mempermudah proses adaptasi teknis  karyawan baru, maupun karyawan lama yang berpindah divisi atau jabatan. 
  • Contoh metode pelatihan On the Job Training adalah Mentoring, Coaching, Understudy, dan lain sebagainya.
  • Berapa lama waktu OJT? Apakah on the job training di gaji? Umumnya OJT berlangsung selama 3 bulan, tapi setiap perusahaan tentu memiliki peraturan yang berbeda-beda. 
  • Manfaat OJT sangat beragam baik untuk karyawan maupun perusahaan, diantaranya adalah memperlancar bisnis perusahaan serta melatih skill karyawan dalam bekerja.
  • Walaupun ada banyak keuntungan, OJT juga memiliki banyak kerugian, misalnya seperti pelatihan yang kurang profesional ataupun karyawan yang bekerja tidak maksimal akibat kesibukan yang dihasilkan dari OJT.

CakeResume adalah situs lowongan kerja yang banyak peminatnya dengan jutaan pengguna dari seluruh Indonesia. Pasang lowongan kerja gratis untuk 3 loker pertamamu dan temukan kandidat berkualitas di CakeResume! Atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

--- Ditulis Oleh Lydia Gavrila ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.