Di era sekarang, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Banyak orang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka idamkan. 

Maka itu, kamu harus tampil lebih unggul.

Tapi, bagaimana caranya?

Ternyata, selain CV, kamu bisa mengajukan portofolio lamaran kerja yang merupakan dokumen berisi kumpulan karya, projek atau pencapaianmu loh.

Dengan portofolio, kamu dapat membuktikan bahwa kamu benar-benar memiliki skill yang tertera dalam CV kamu.

Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi, menampilkan portofolio menjadi lebih praktis dengan online portfolio/digital portfolio karena portofolio kamu bisa diakses melalui internet.

Namun, perlu ditekankan portofolio kerja yang akan dibahas kali ini berbeda dengan portofolio perusahaan ya.

Portofolio perusahaan merupakan dokumen memuat kinerja kerja sebuah perusahaan. Biasanya mengandung informasi umum, visi dan misi, serta pencapaian perusahaan yang bertujuan untuk menarik klien dan investor untuk bergabung pada perusahaan tersebut.

Apa itu Portofolio dalam Lamaran Kerja?

Portofolio untuk lamaran kerja adalah ...

Portofolio lamaran kerja adalah dokumen yang kamu sertakan kepada perusahaan ketika melamar kerja. Dokumen ini memuat rincian hal-hal yang dapat meningkatkan value kamu ketika mencari pekerjaan. Ini dapat berupa skill yang kamu miliki, pencapaian yang kamu raih, koleksi karya atau projek yang berhubungan dengan kriteria yang dicari rekruiter.

Fungsi dari portofolio pun tidak sebatas untuk melamar kerja. Ada juga portofolio untuk mengajukan beasiswa, ataupun portofolio sebagai personal branding, dimana dengan mempresentasikan ide, karya atau kreatifitas kamu, kamu dapat membangun koneksi yang akan membukakan kesempatan-kesempatan baru.

Dalam segi bentuk, portofolio hadir dalam bentuk offline maupun online. Sekarang, portofolio online merupakan pilihan yang lebih dimintati karena portofolio online dapat dibagikan dimanapun dan kepada siapapun. Dengan fitur edit canggih di internet, kamu bisa mengubah konten, gambar, video, teks dengan mudah. Kamu juga bisa menggunakan konten baru untuk ditambahkan ke dalam portofolio online kamu.

Siapa yang memerlukan portofolio?

Sebenarnya di zaman sekarang, setiap profesi boleh mempertimbangkan untuk membuat portofolio ketika melamar kerja. Namun memang portofolio untuk lamaran kerja online ini lebih sering ditemukan di profesi yang menekankan visual seperti desainer, fotografer, penulis, dll. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh membuat portofolio meskipun dalam bidang pekerjaan yang berebeda ya.

Perbedaan CV dan Portofolio

CVPortofolio
IsiInformasi diriKoleksi karya/pencapaian
TujuanMenginformasikanMenunjukkan
SifatUmumSpesifik

Secara singkat, CV berisi informasi data diri dan bersifat lebih umum. Contohnya, hal akademis maupun non-akademis yang tertera dalam CV. 

Sementara itu, portofolio berisi bukti hasil dari apa yang kamu lakukan, bertujuan untuk menunjukkan kemampuan dan kapabilitas kamu, dan bersifat spesifik karena biasanya kamu hanya menonjolkan skill tertentu dan mendeskripsikannya dalam portofolio kamu. 

📚 Ketahui lebih lanjut :  Wajib Kamu Ketahui: 5 Perbedaan CV dan Portofolio Lengkap dengan Contoh

Sudah jelas kan perbedaan CV dan portofolio?

Sekarang mari bahas lebih mendetail tentang portofolio untuk lamaran kerja.

Mau buat portofolio lamaran kerja online, tapi mulai darimana?

Berikutnya, CakeResume akan memandu kamu cara membuat portofolio lamaran kerja step by step.

Cara Membuat Portofolio Online untuk Lamaran Kerja

1. Simak job description dan kualifikasi lowongan pekerjaan yang diminati

Sebelum mulai, kamu harus mengerti job description serta kualifikasi yang diminta oleh perusahaan tersebut. Ini bertujuan supaya apa yang kamu tampilkan dalam portofolio lamaran kerja kamu berhubungan dengan apa yang diinginkan perusahaan.

2. Kumpulkan koleksi karyamu

Kamu dapat terlebih dahulu mengumpulkan/menyiapkan karya-karya, projek ataupun pencapaian yang akan kamu tampilkan ke dalam portofolio lamaran kerja kamu nanti.

3. Temukan situs website untuk membuat portofolio lamaran kerja online

Inilah 3 situs unggulan yang dapat kamu kunjungi untuk membuat portofolio lamaran kerja kamu.

CakeResume merupakan situs untuk membuat portofolio lamaran kerja yang baik karena tampilan yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Portofolio online CakeResume dapat dicantumkan di CV sebagai link. Selain itu, membuat portofolio lamaran kerja di CakeResume gratis dan tidak dibatasi loh!

Behance merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk membangun portfolio designer website, khususnya portfolio UX designer dan portfolio UI designer. Besarnya komunitas digital disana menjadikan Behance sebagai platform untuk rekruter mencari orang-orang bertalenta.

Nama Adobe pastinya bukanlah sesuatu yang asing. Namun, siapa sangka ternyata Adobe juga hadir dalam layanan portofolio loh. Adobe Portfolio menyediakan para desainer untuk membangun portfolio online yang berkualitas.

📚 Lebih banyak pilihan website:  Cara Membuat Portofolio Online: 15 Website Gratis untuk Portofolio yang Menarik

4. Susun struktur dan tentukan desain portofolio lamaran kerja kamu

Setelah memilih situs website portofolio kerja kamu, waktunya menyusun struktur dari portfolio online kamu. Pada dasarnya, ada empat elemen utama, yaitu:

  • Perkenalan (informasi diri)
  • Pencapaian, proyek atau karya-karya kamu
  • Pekerjaan dan status kerja (termasuk apa yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan)
  • Kontak informasi

Selain itu, jangan lupa pikirkan juga desain dan layout portofolio kerja kamu ya. Kamu bisa tentukan color palette dan style tertentu untuk memberikan sebuah feeling kepada rekruiter ketika melihat portofolio lamaran kerja kamu.

5. Membangun konten

Setelah struktur, desain atau layout portofolio lamaran kerja sudah kamu tentukan, sekarang waktunya membangun konten portofolio! Masukkan teks, gambar, foto, grafik dsb. yang dapat menonjolkan skill dan value kamu.

Kamu fresh graduate? bingung isi konten portofolio?

Walaupun belum mempunyai pengalaman bekerja, seorang fresh graduate dapat memasukkan tugas atau proyek selama kuliah ya. Untuk mahasiswa teknik dapat menampilkan riset selama kuliah, untuk mahasiswa desain bisa menampilkan tugas desain. Kalau kamu mengikuti organisasi atau kegiatan sekolah, kamu juga boleh mencantumkanya ya. 

Apapun itu yang membawa value ketika melamar kerja, masukkanlah ke dalam digital portofolio lamaran kerja kamu asalkan berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.

Nah, itulah step-step cara bikin portofolio kerja. Selanjutnya, CakeResume mau membagi tips dalam membuat portofolio untuk lamaran kerja online. Disimak yuk!

Tips Membuat Portofolio Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik

Pilih desain dan perpaduan warna yang tepat

Yap, desain dan color palette portofolio untuk lamaran kerja penting karena kamu mau menarik perhatian para rekruter. Namun, sebaiknya pilih desain yang sesuai dengan rasa yang ingin kamu sampaikan. Pastikan juga desain yang kamu pilih sederhana, rapih, bersih dan tidak bertele-tele karena kamu akan fokuskan portofolio kamu pada kontennya.

Tonjolkan kemampuan terbaik kamu

Jangan memuat semua karya/hal yang pernah kamu buat. Pastikan hanya menunjukkan kemampuan yang terbaik pada portofolio kerja kamu karena biasanya rekruter tidak memiliki banyak waktu untuk melihat seluruh konten portofolio satu per satu. Jadi sebaiknya tekankan kualitas dibanding kuantitas.

Tambahkan elemen multimedia supaya menarik

Sebuah portofolio untuk melamar kerja tidak terlepas dengan elemen multimedia sekalipun pekerjaan kamu tidak berhubungan dengan estetika atau visual. Ada banyak cara untuk menambahkan elemen multimedia seperti gambar, foto ataupun video.

Contohnya, meskipun pekerjaan seorang manajer marketing tidak  berhubungan dengan visual, tetapi portofolio seorang manajer marketing dapat mengandung data peningkatan penjualan yang dapat ditampilkan dengan grafik. 

✅ Susun informasi berdasarkan kategori skill

Untuk memudahkan rekruiter menavigasi portofolio lamaran kerja online kamu, kelompokkanlah berdasarkan kategori. Ketika kamu mempunyai banyak konten, menggabungkan seluruh konten ke dalam satu halaman dapat terlihat berantakan.

Selain itu, kategori ini juga dapat menunjukkan macam-macam area of expertise alias berbagai bidang keahlian kamu.

Sebagai contoh, dalam portofolio lamaran kerja desain grafis, seorang desainer grafis bisa mengkategorikan karyanya dengan ‘desain cover’, ‘desain logo’, dan ‘desain poster’. Begitu juga dengan contoh portofolio kerja seorang marketing specialist. Ia dapat mengkategorikan dengan ‘strategi sosial media’, ‘penulisan blog’ ataupun ‘jangkauan media’.

✅ Pastikan portofolio tidak bercela dan pranala (link) berjalan dengan baik

Tips terakhir dan juga tips yang paling penting, yaitu memastikan semua link dalam portofolio dapat berjalan dengan baik dan format portofolio kerjamu konsisten untuk digunakan pada setiap perangkat.

Portofolio dapat dicantumkan pada CV, akun sosial media ataupun ditunjukkan terpisah.

Ketika kamu membuat CV di CakeResume, kamu bisa mencantumkan file portofolio online kamu berupa hyperlink yang akan memberikan tampilan CV yang rapi. Kalau kamu mencantumkan CV pada dokumen pastikan file tersebut tidak di private agar orang lain dapat melihatnya.

CakeResume membantu orang-orang dalam proses mencari pekerjaan dengan menyediakan 30+ template CV gratis. Yuk mulai bikin CV kamu sekarang juga!

Selanjutnya, untuk memperjelas cara buat portofolio kerja, CakeResume akan memberikan panduan step-by-step untuk membuat portofolio lamaran kerja menggunakan website CakeResume. Membuat portofolio di CakeResume juga gratis jadi jangan khawatir~

Cara Membuat Portofolio untuk Lamaran Kerja Online Gratis

Keunggulan portofolio online dari CakeResume adalah tampilan yang sangat simple sehingga sangat memudahkan orang-orang yang tidak memiliki kemampuan design untuk tetap membuat portofolio lamaran kerja online yang menarik!

Kamu juga dapat mengkustom field, tags dan tools used pada deskripsi portofolio kamu. Ini memudahkan rekruter untuk mencari orang yang sesuai dengan kriteria lowongan pekerjaan yang tersedia. Selain itu, ketika kamu membuat CV di CakeResume, kamu bisa mencantumkan file portofolio online kamu berupa hyperlink yang akan memberikan tampilan CV yang rapi.

Nah, langsung praktekan aja yuk! Berikut contoh membuat portofolio untuk melamar kerja.

1. Klik Buat Portofolio Online pada situs web CakeResume

Kalau ini pertama kali kamu menggunakan CakeResume, kamu akan diajak untuk membuat akun terlebih dahulu. Ini bertujuan agar portofolio kamu bisa di publikasi dan dilihat oleh rekruter kamu.

cara membuat portofolio dengan CakeResume

2. Klik Create your first project

cara membuat portofolio dengan CakeResume

3. Pilih background warna dengan mengklik Styles

cara membuat portofolio dengan CakeResume

4. Tambahkan teks

Ketika menambahkan teks, kamu juga bisa menubah warna, font, size, dan lainnya menggunakan tool box yang tertera di bagian atas. Kamu juga bisa mengubah urutan objek dengan mengklik tombol pensil lalu pilih move up atau move down seperti yang ditunjukkan di gambar berikut.

cara membuat portofolio dengan CakeResume

5. Tambahkan gambar atau foto dengan klik Image Grid

Nah, disinilah kamu dapat memunjukkan karyamu dengan elemen multimedia. Karena ini merupakan contoh portofolio fresh graduate, kamu bisa masukkan projek atau tugas semasa kuliah ya. Kamu juga bisa menampilkan sertifikat yang kamu raih.

cara membuat portofolio dengan CakeResume
cara membuat portofolio dengan CakeResume

6. Tambahkan video/musik/link dengan memasukkan URL pada Embed

cara membuat portofolio dengan CakeResume

7. Klik project settings di sebelah kanan bawah, lalu isi project title, description, field, tags, dan tools used lalu klik publish

Nah, seperti yang dibahas tadi, ini berguna supaya rekruter lebih mudah mencari talenta sesuai yang diharapkan.

cara membuat portofolio dengan CakeResume

Portofolio untuk lamaran kerja kamu sudah jadi! Portofolio kerja ini dapat dicantumkan pada CV, ataupun ditunjukkan terpisah.

Selanjutnya, CakeResume memperisapkan 5 contoh portofolio untuk melamar kerja. Bisa kamu gunakan untuk menjadi inspirasi ketika membuat portofolio lamaran kerja kamu sendiri ya!

Contoh Portofolio Lamaran Kerja

Contoh Portofolio Lamaran Kerja UI Design

Di contoh portofolio online ini, desainer memperkenalkan dirinya terlebih dahulu, mencantumkan skill yang dimilikinya (UI/UX design, desain grafis dan ilustrasi) beserta kontak info lalu menunjukkan hasil karyanya, termasuk desain aplikasi HP yang sudah terealisasikan. 

Yuk lihat lebih lanjut karya ROONism 2021 Portfolio

contoh portofolio desain oleh Rooni
contoh portofolio desain oleh Rooni

Portofolio UI designer yang kedua ini merupakan UI designer CakeResume loh.

Lihat karya Portofolio UI Designer CakeResume yuk.

contoh portofolio UI design 
contoh portofolio UI design

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Desain Grafis

Berikutnya adalah contoh portofolio desain grafis untuk packaging design, book design, dan product design seni tradisional Taiwan. Cantik sekali bukan?

Lihat Portofolio Joan

contoh portofolio desain grafis oleh Joan
contoh portofolio desain grafis oleh Joan


Contoh Portofolio Lamaran Kerja Arsitek

Seperti yang diketahui, portofolio lamaran kerja arsitek pastinya berisi koleksi konsep dan gambar bangunan-bangunan. Inilah salah satu karya mahasiswa yang dibuat ketika kuliah.

Lihat Portofolio Student Housing oleh Rachel

contoh portofolio arsitek oleh Rachel
contoh portofolio arsitek oleh Rachel

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Programmer

Ketika kamu membuat portofolio lamaran kerja bidang programming, kamu bisa menampilkan karya web design dan mobile app design seperti contoh dibawah ini. Jangan lupa untuk menulis deskripsi serta bahasa programming yang digunakan ya.

contoh portofolio programming

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Fresh Graduate

Contoh ini merupakan portofolio dari seorang fresh graduate lulusan sastra inggris. Walaupun belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mencantumkan karya yang dilakukan selama kuliah seperti publikasi artikel, menulis blog ataupun majalah.

contoh portofolio fresh graduate

Kamu pasti sudah lebih mengerti cara membuat portofolio lamaran kerja dan sudah mempunyai gambaran desain portofolio yang indah. Yuk giliran kamu yang buat portofolio! 


Steffie Mayrelin
contributor

Steffie Mayrelin

Indonesian student pursuing her bachelor's degree in Taiwan. 

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume