Power BI vs Tableau, Mana yang Lebih Baik untuk Analisis Data?

Power BI vs Tableau adalah dua teknologi Business Intelligence (BI) yang digunakan dalam pengumpulan, integrasi, analisis, dan penyajian informasi bisnis. Tableau vs Power BI berfungsi untuk melakukan analisis, manipulasi, dan visualisasi data untuk memahami dan menarik kesimpulan dari suatu data. 

Beberapa orang sering bingung untuk memutuskan alat mana yang seharusnya digunakan. Hal ini karena Tableau vs Power BI memiliki perbedaan yang signifikan yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut adalah ulasan perbedaan antara Power BI vs Tableau dan fitur-fitur apa saja yang ada di dalamnya.

Apa itu Power BI?

Power BI adalah suatu alat analisis data yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2015. Power BI membantu dalam membuat visualisasi data yang interaktif dengan kemampuan business intelligence self-service

Cara menggunakan Power BI adalah pengguna dapat membuat laporan dan dashboard sendiri, tanpa harus bergantung pada teknologi lainnya. Pengguna dapat mengekstrak BI data dari berbagai sumber, seperti Excel, gambar, tabel, dan lain-lain melalui antarmuka yang intuitif.

Power BI juga telah digunakan oleh ratusan perusahaan di seluruh dunia, termasuk Microsoft, IBM, Netflix, Visa, Unilever, Adobe, Walmart, Salesforce, Dell Technologies, dan masih banyak lagi.

Apa itu Tableau?

Tableau adalah alat analisis data yang dikembangkan oleh Tableau Software pada tahun 2003. Tableau memungkinkan pengguna untuk membuat dashboard yang menarik dan visualisasi data dengan cepat dan mudah. Pengguna dapat menghubungkan data ke berbagai sumber, seperti Oracle, MySQL, dan Excel. 

Aplikasi Tableau memiliki versi gratis dengan kemampuan fitur yang terbatas. Jika ingin mendapatkan manfaat fitur yang lebih besar, Tableau menyediakan opsi berbayar yang bisa digunakan. Dengan kemampuan yang intuitif dan interaktif tersebut, Tableau telah digunakan di berbagai bisnis, seperti startup hingga perusahaan Fortune 500.

Fitur Power BI

fitur-power-bi, power-bi-adalah, power-bi-vs-tableau

Power BI adalah alat analisis data yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi data menggunakan natural language queries. Pengguna hanya perlu memasukkan data sesuai dengan bentuk visualisasi yang diinginkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Power BI, berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Power BI:

1. Visualisasi Data

Beberapa bentuk visualisasi data pada Power BI yaitu diagram area, diagram batang, diagram garis, diagram pita, diagram corong, dan lain-lain. Meskipun begitu, Power BI hanya mampu memvisualisasikan maksimal 3.500 data points.

2. Sumber Data

Untuk melakukan manipulasi dan pemodelan data, Power BI menggunakan Data Analysis Expression dan M Language. Power BI juga mendukung penggunaan bahasa pemrograman R. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna dengan level enterprise.

Dari segi sumber data, Tableau vs Power BI keduanya memiliki dukungan akses ke berbagai sumber. 

Meskipun aksesnya lebih terbatas jika dibandingkan dengan Tableau, namun Power BI juga memiliki kemampuan untuk mendukung beragam sumber data. Pengguna bisa mengakses berbagai BI data seperti Microsoft Excel, MySQL, MS SQL Server, Oracle Database, IBM DB2, PostgreSQL, File Teks/SV, Folder, dan lain sebagainya.

3. Bahasa Pemrograman

Berdasarkan pengalaman pengguna, layanan customer support di Power BI akan ditangani lebih cepat jika untuk akun yang berbayar. Meskipun begitu, Power BI tidak membebankan biaya tambahan untuk layanan customer support dan akan tetap merespons keluhan pengguna tanpa memperhatikan status akunnya.

Selain itu, Power BI juga mampu bekerja secara efisien ketika data yang diolah tidak terlalu besar. Namun, jika volume data cukup besar, kinerja Power BI dapat menjadi lebih lambat.

4. Kemudahan Penggunaan

Power BI adalah alat analisis data yang dianggap memiliki keunggulan signifikan dalam hal kemudahan penggunaan. Hal ini disebabkan karena antarmuka aplikasi Power BI berasal dari Microsoft Office 365, yang sudah familiar bagi banyak orang.

5. Customer Support

Selain itu, juga bisa belajar Power BI di berbagai platform yang tersedia, seperti forum komunitas, kursus, dan pembelajaran terarah yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Menurut informasi pada situs resmi Power BI, aplikasi ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Tableau. Berikut adalah rincian biaya yang ditawarkan oleh Power BI:

6. Harga

  • Power BI Pro: $10 per pengguna per bulan.
  • Power BI Premium per pengguna: $20 per pengguna per bulan.
  • Power BI Premium per kapasitas: mulai dari $4.995 per kapasitas per bulan.

Fitur Tableau

fitur-tableau, tableau-adalah, power-bi-vs-tableau

Setelah mengetahui apa itu Tableau, berikut adalah beberapa fitur aplikasi Tableau yang bisa digunakan oleh pengguna:

1. Visualisasi Data

Tableau adalah alat analisis data yang terkenal dengan kemampuan visualisasi datanya. Pengguna dapat membuat berbagai contoh dashboard Tableau yang interaktif sesuai dengan kebutuhan masing-masing perangkat. Aplikasi Tableau juga memiliki bentuk visualisasi data yang beragam mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. 

Pengguna bisa membuat berbagai bentuk diagram seperti diagram batang, diagram lingkaran, diagram gantt, diagram peluru, hingga boxplot. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa membuat berbagai jenis peta, seperti peta panas, peta aliran, peta distribusi titik, dan peta Choropleth.

2. Sumber Data

Jika dibandingkan dengan Power BI, Tableau adalah alat yang memiliki akses yang lebih luas ke berbagai sumber data dan server. 

Pengguna dapat mengakses hampir semua BI data dan juga berbagai sumber data lain, seperti JSON, Excel, PDF, Cloudera Hadoop, Google Analytics, File Teks, Amazon Redshift, Google Drive, Google Sheets, file statistik, Dropbox, dan banyak lagi.

3. Bahasa Pemrograman

Dibandingkan dengan Power BI, aplikasi Tableau memiliki integrasi yang lebih baik dengan bahasa pemrograman Python dan R. Hal ini memungkinkan pengguna melakukan visualisasi data yang lebih baik dan penanganan data dengan volume besar pun menjadi lebih cepat.

4. Kemudahan Penggunaan

Meskipun Tableau cenderung lebih kompleks bagi pemula, namun aplikasi Tableau memiliki kelebihan dalam hal visualisasi data yang detail. Alat  ini juga dilengkapi dengan natural language, sehingga pengguna dapat dengan lebih mudah menemukan solusi untuk masalah yang rumit sambil memahami data dengan lebih baik.

5. Customer Support

Menurut pengguna, layanan customer support antara Tableau vs Power BI memiliki perbedaan pada kecepatan responnya. Layanan customer support pada Tableau berbeda dengan Power BI. Aplikasi Tableau menyediakan layanan customer support secara langsung melalui email dan telepon selama 24 jam. 

Pengguna juga dapat mengajukan keluhan melalui portal pelanggan. Perangkat ini juga memiliki lebih dari 500 grup pengguna global dengan lebih dari 150.000 pelanggan aktif yang berpartisipasi dalam komunitas online Tableau.

6. Harga

Sementara itu, menurut situs resmi Tableau, aplikasi Tableau memiliki harga yang bervariasi tergantung pada kebutuhan pengguna. Berikut rincian biaya untuk Tableau:

  • Tableau Viewer: $15 per user per bulan.
  • Tableau Explorer: $42 per user per bulan.
  • Tableau Creator: $75 per user per bulan.

Sedang cari kerja? Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

Kekurangan dan Kelebihan: Power BI vs. Tableau

Power BI vs Tableau, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Power BI vs Tableau:

Kelebihan dan Kekurangan Power BI

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan BI Fast yang perlu diperhatikan oleh pengguna:

Kelebihan Power BI:

  • Integrasi dengan produk-produk Microsoft: Power BI dikembangkan oleh Microsoft, yang terintegrasi dengan baik ke berbagai produk-produk Microsoft lainnya seperti Excel, SharePoint, dan SQL Server.
  • Mudah digunakan: Power BI memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan fitur drag-and-drop yang intuitif, sehingga mudah untuk membuat laporan dan dashboard tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang luas.
  • Pemrosesan data cepat: Power BI dapat mengelola jumlah data yang besar dan menyediakan pemrosesan data yang cepat, sehingga pengguna dapat dengan cepat mendapatkan wawasan dari data mereka.
  • Terjangkau: Power BI menawarkan opsi harga yang terjangkau, termasuk versi gratis dan rencana langganan berbiaya rendah untuk bisnis kecil.

Kekurangan dari Power BI:

  • Opsi kustomisasi terbatas: Meskipun Power BI menawarkan berbagai opsi kustomisasi, namun Power BI memiliki tingkat fleksibilitas dan kustomisasi yang berbeda dari Tableau.
  • Keterbatasan konektivitas data: Power BI hanya dapat terhubung ke beberapa sumber data seperti Tableau sehingga akan menyulitkan pengguna yang harus bekerja dengan sumber data.
  • Fitur terbatas untuk versi gratis: Versi gratis Power BI memiliki batasan, seperti kapasitas data yang lebih kecil dan fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi yang berbayar.
  • Ketergantungan pada produk-produk Microsoft: Karena Microsoft merupakan pengembang Power BI, hal ini memungkinkan pengguna untuk wajib menggunakan produk Microsoft lainnya agar dapat memanfaatkan semua fitur secara penuh

Sedang cari kerja? Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

Kelebihan dan Kekurangan Tableau

Sementara itu, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Tableau yang perlu diperhatikan oleh pengguna:

Kelebihan Tableau:

  • Kemampuan visualisasi data: Tableau adalah platform yang dikenal karena kemampuan visualisasi datanya yang canggih. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam grafik atau diagram dan visualisasi lainnya, sehingga memudahkan pengguna untuk memvisualisasikan data.
  • Fleksibilitas: Aplikasi Tableau memberikan fleksibilitas dalam hal sumber data yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke berbagai sumber data, termasuk platform data berbasis cloud.
  • Tingkat kustomisasi yang tinggi: Tableau menawarkan tingkat kustomisasi yang tinggi sehingga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas laporan dan dashboard sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Dukungan komunitas yang kuat: Aplikasi Tableau memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif untuk berbagi tips, sumber daya, dan praktik terbaik, sehingga memudahkan untuk mendapatkan bantuan dan belajar dari orang lain.

Kekurangan Tableau:

  • Biaya tinggi: Tableau bisa menjadi mahal, terutama untuk organisasi besar yang membutuhkan banyak lisensi atau akses ke fitur-fitur yang lebih canggih.
  • Kurva pembelajaran yang tinggi: Tableau bisa menjadi lebih sulit untuk dipelajari dibandingkan dengan Power BI, terutama bagi pemula atau pengguna tanpa latar belakang teknis.
  • Masalah kinerja dengan kumpulan data yang besar: Tableau mungkin mengalami masalah kinerja dengan kumpulan data yang besar atau perhitungan yang kompleks, sehingga dapat memperlambat proses analisis.

Dukungan terbatas untuk data real-time: Tableau mungkin tidak seefektif alat lain yang dirancang untuk pemrosesan data real-time atau sumber data streaming lainnya.

Perbedaan Penting dari Power BI dan Tableau

Keputusan untuk memilih antara Tableau vs Power BI tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Kedua alat tersebut memiliki serangkaian fitur dan kelebihannya masing-masing dalam hal analisis dan visualisasi data.

1. Antarmuka Pengguna

Aplikasi Tableau memiliki antarmuka yang lebih ramah dan intuitif, dengan fungsi drag-and-drop serta visualisasi yang lebih mudah digunakan. Power BI mungkin memerlukan sedikit lebih banyak waktu untuk dipelajari tetapi menyediakan fungsionalitas yang lebih kuat untuk pengguna lanjutan.

2. Integrasi Data

Power BI lebih terintegrasi dengan produk Microsoft, seperti Excel dan SQL Server. Sedangkan Tableau dapat terhubung ke berbagai sumber data, termasuk basis data berbasis cloud dan layanan web.

3. Harga

Power BI menawarkan pilihan harga yang lebih terjangkau, dengan versi gratis dan opsi berbayar yang lebih rendah. Sementara itu, Tableau menawarkan harga yang lebih mahal, terutama untuk solusi tingkat enterprise.

Sedang cari kerja? Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

4. Kolaborasi

Power BI memiliki lebih banyak fitur kolaborasi bawaan, seperti kolaborasi dan komentar. Sedangkan Tableau memerlukan alat pihak ketiga untuk mencapai fungsionalitas yang serupa.

5. Kemampuan Visualisasi

Tableau terkenal karena kemampuan visualisasinya yang luar biasa dan memiliki lebih banyak opsi diagram yang canggih. Sebaliknya, Power BI memiliki antarmuka yang lebih ramah pengguna untuk membuat grafik dan visualisasi dasar.

6. Pemodelan Data

Power BI adalah platform yang memiliki kemampuan pemodelan data dan ETL (Extract, Transform, Load) yang lebih kuat daripada Tableau. Hal ini menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk manipulasi dan analisis data.

7. Aplikasi Mobile

Power BI memiliki aplikasi mobile yang lebih baik untuk perangkat iOS dan Android. Sedangkan aplikasi mobile Tableau lebih terbatas dalam fungsionalitasnya.

Selain menggunakan alat analisis data yang baik, untuk menjadi seorang Data Analyst yang handal dan profesional juga dibutuhkan CV yang menarik. CV yang menarik akan membantu Anda mendapatkan posisi Data Analyst di perusahaan yang Anda inginkan. 

CakeResume merupakan platform pembuatan CV gratis yang akan membantu Anda membuat CV yang menarik. Ada lebih dari 50 template CV gratis yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas CV Anda sebagai Data Analyst. Yuk, coba sekarang juga!

Mau CV kamu menarik seperti contoh diatas? CakeResume menyediakan CV builder GRATIS dengan template menarik. Bisa download sebagai PDF. 🎉

Kesimpulan

  • Power BI vs Tableau adalah dua alat analisis data yang sering digunakan dalam bidang Business Intelligence (BI) untuk pengumpulan, integrasi, analisis, dan visualisasi data.
  • Power BI adalah alat analisis data dari Microsoft yang terhubung ke berbagai BI data, seperti Microsoft Excel, MySQL, MS SQL Server, Oracle Database, IBM DB2, PostgreSQL, File Teks/SV, Folder, dan lain sebagainya.
  • Tableau adalah alat analisis data dari Tableau Software yang terhubung ke berbagai sumber data, seperti JSON, Excel, PDF, Cloudera Hadoop, Google Analytics, File Teks, Amazon Redshift, Google Drive, Google Sheets, file statistik, Dropbox, dan sumber data lain seperti pada Power BI.
  • Power BI dapat memvisualisasikan data dalam berbagai bentuk diagram, seperti diagram area, diagram batang, diagram garis, diagram pita, diagram corong, dan lain-lain dengan maksimal 3.500 data points.
  • Tableau dapat memvisualisasikan data dalam bentuk sederhana hingga kompleks, seperti diagram batang, diagram lingkaran, diagram gantt, diagram peluru, boxplot, hingga berbagai jenis peta.
  • Power BI menggunakan Data Analysis Expression dan M Language yang didukung dengan bahasa pemrograman R. Sementara Tableau memiliki integrasi yang lebih baik dengan bahasa pemrograman Python dan R.
  • Power BI memiliki antarmuka yang lebih sederhana sehingga lebih mudah digunakan oleh banyak orang dibandingkan dengan Tableau.
  • Layanan customer support pada Tableau lebih komprehensif daripada Power BI. Selain itu, Tableau juga memiliki berbagai forum komunitas online yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.
  • Power BI menawarkan pilihan harga yang lebih terjangkau, dengan versi gratis dan opsi berbayar yang lebih rendah. Sementara itu, Tableau menawarkan harga yang lebih mahal, terutama untuk solusi tingkat enterprise.

Tidak hanya CV maker gratis, CakeResume adalah situs lowongan kerja terpercaya dan transparan. Kamu bisa mencari pekerjaan impian kamu dari berbagai perusahaan berkualitas dan ternama. Yuk, buat CV online gratis, portofolio kerja, dan lamar kerja di website pencari kerja atau aplikasi cari kerja CakeResume.

--- Ditulis Oleh Ita Sugiharti ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.