Talent Connect: Solusi Employer Branding bagi Perusahaan Anda

Tiga dari empat jobseeker mempertimbangkan employer brand sebuah perusahaan sebelum mereka mengajukan lamaran pekerjaan (LinkedIn).

Di era ini, menarik dan mempertahankan kandidat unggul telah menjadi tantangan utama bagi banyak perusahaan. Oleh karena itu, employer branding menjadi salah satu kunci sukses bagi HR untuk merekrut tim-tim yang berkualitas dan berkinerja tinggi. 

Dengan menggambarkan nilai-nilai perusahaan secara jelas, mempromosikan budaya kerja inklusif, serta membangun reputasi yang kuat, perusahaan-perusahaan dapat menciptakan kesan yang mendalam di mata jobseeker dalam persaingan talent war.

Inilah mengapa CakeResume hadir dengan solusi inovatif: Talent Connect. Sebuah solusi yang mendukung perusahaan-perusahaan untuk menarik, melibatkan dan mempertahankan talenta terbaik. 

Tentang Talent Connect

Talent Connect adalah event bulanan CakeResume di mana kami menghadirkan para ahli atau representatif perusahaan dari berbagai industri untuk membagikan wawasan, pengetahuan, ataupun peluang karir kepada para profesional dan pencari kerja.

Talent Connect tidak hanya menjadi wadah untuk mendapatkan wawasan, tetapi juga menyediakan platform yang transparan bagi perusahaan dan para profesional untuk bertukar pikiran serta berbagi informasi mengenai peluang menarik di dunia pekerjaan.

Acara Talent Connect Sebelumnya

1. Discovering Career Growth and AI 101 (Pensieve Teknologi Indonesia)

Guest speaker: Farina Situmorang - CEO Pensieve

pensieve cakeresume
pensieve cakeresume

CakeResume mendatangkan Farina Situmorang, CEO dan Co-founder Pensieve untuk berbagi pengalaman beliau dalam merintis karier di perusahaan besar Amerika (IBM, Microsoft, WhatsApp) sampai akhirnya berpulang ke tanah air dan mendirikan startup Pensieve.

Pensieve Technology termasuk dalam perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan potensi kecerdasan buatan untuk mengatasi masalah organisasi di sektor pemerintahan. Fokus Pensieve adalah mengotomatisasi pekerjaan manual sehingga menjadi lebih efektif.

Kisah Farina menjadi salah satu yang akan menginspirasi talenta-talenta muda yang tertarik dengan dunia teknologi dan inovasi.

2. How to Nail a Job Interview with WOM Finance 

Guest Speaker:

  • Audrey Reinsina - HR Resourcing Section Staff
  • Hemasari - HR Resourcing Staff
wom finance cakeresume
wom finance cakeresume

Praktisi HR dari WOM Finance, Audrey Reinsina dan Hemasari membagikan tips sukses interview kerja bagi jobseeker mulai dari persiapan yang perlu dilakukan sampai cara menjawab pertanyaan interview yang sulit.

Sesi Talent Connect ini juga dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan kerja WOM Finance, informasi lowongan kerja yang sedang dibuka hingga sesi tanya jawab yang meriah dengan lebih dari 90 peserta acara.

3. Merintis Bisnis Logistik Cold Chain (COOLJEK) 

Guest Speaker: Nathanael Christopher - CEO Cooljek

cooljek
cooljek

Banyak pelanggan masih memilih solusi pengiriman last-mile yang tidak berpendingin karena terkesan lebih murah. Alhasil, sering kali produk yang sampai di tangan konsumen sudah dalam keadaan rusak. Padahal, tujuan dan penanganan dari bisnis rantai dingin berbeda dengan bisnis ojek online biasanya.

CEO COOLJEK Nathanael Christopher membagikan langsung cara kerja bisnis logistik secara menyeluruh, termasuk tantangan awal beliau meniti bisnis startup hingga pelajaran-pelajaran yang bisa dipetik melalui proses untuk mengembangkan COOLJEK.

4. Journey to Unilever (UFLP) - Owen Orlando

Guest Speaker: Owen Orlando - Assistant Brand Manager Lifebuoy

Unilever Future Leaders Programme (UFLP)
Unilever Future Leaders Programme

Unilever Future Leaders Programme (UFLP) adalah salah satu program management trainee  yang paling bergengsi di kalangan jobseeker. Program ULFP melibatkan serangkaian rotasi di departemen berbeda, memberikan peserta pelatihan intensif untuk menyiapkan mereka menjadi pemimpin-pemimpin bisnis di masa depan.

Narasumber Talent Connect kali ini, Owen Orlando membagikan perjalanan karirnya bekerja di Unilever, mulai dari keputusan yang ia buat untuk terjun ke industri FMCG sampai rincian pekerjaan ketika melakukan kampanye pemasaran untuk brand Lifebuoy. Informasi dibagikan memberikan pandangan berharga bagi jobseeker yang ingin memahami lebih dalam tentang pengalaman kerja di Unilever, terutama dalam konteks industri FMCG.

5. A Software Developer Journey to ASUS - Rosdyana Kusuma

Guest Speaker: Rosdyana Kusuma - Software Developer Specialist at ASUS

talent connect software engineer
talent connect cakeresume

Software Developer, pekerjaan yang kini menarik minat yang tinggi, berkat gaji yang menggiurkan dan prospek yang cerah di masa depan. Melalui Talent Connect ini, peserta berkesempatan mendengarkan pengalaman Rosdyana dalam perjalanan karirnya sebagai Software Developer Specialist di ASUS, perusahaan teknologi global yang produknya erat di kalangan masyarakat Indonesia. 

Rosdyana juga berbagi tips tentang praktik menulis kode yang bersih dan mudah dipelihara kepada lebih dari 300 peserta aktif yang mengikuti webinar. Melalui panduan yang disampaikannya, para peserta memiliki kesempatan untuk memperkaya skill dalam pengembangan perangkat lunak.

6. Product Management & The Rise of Tech Industry - Geraldo Nicholas

Guest Speaker: Geraldo Nicholas - Lead Product Manager at GrabFin

Pekerjaan product manager merupakan pekerjaan yang naik daun. Namun, banyak orang masih belum paham tugas dan tanggung jawab seorang product manager. Talent Connect yang dibawakan Geraldo Nicholas, Lead Product Manager GrabFin disambut meriah oleh para peserta dimana beliau membagikan keseharian kerja beserta tantangan seorang product manager. Geraldo juga membagikan langkah-langkah untuk mulai karier sebagai product manager.

7. From Data to Decisions - Evelyn Honggowarsito

Guest Speaker: Evelyn Honggowarsito - GoTo Senior Analytics and Insight Associate

talent connect cakeresume
talent connect cakeresume

Ketika membicarakan tentang startup buatan Indonesia, GoTo adalah salah satu nama yang kemungkinan besar akan muncul di benak banyak orang. Bekerja di perusahaan GoTo  juga menjadi pilihan menarik bagi para pencari kerja, karena reputasinya yang prestisius.

Evelyn Honggowarsito, Senior Analytics dan Insight Associate, hadir dalam Talent Connect untuk membagikan wawasan penuh inspirasi tentang perjalanannya di GoTo sebagai Business Analyst. Dari persiapan melamar kerja dan tahap wawancara hingga berbagi nuansa menarik dari lingkungan kerja di Startup No. 1 Indonesia, Evelyn mengungkapkan kisah-kisah menarik dalam perjalanan karirnya.

8. Memahami Digital Marketing - Sisylia Angkirawan

Guest Speaker: Sisylia Angkirawan -  Campaign Planning Lead Tokopedia

talent connect cakeresume
talent connect cakeresume

Campaign Planning Lead di Tokopedia, Sisylia Angkirawan berbagi wawasan berharga mengenai dunia digital marketing, dengan fokus utama pada performance marketing, kepada para hadirin di acara Talent Connect. 

Dengan pengalaman yang luas dalam industri e-commerce, Sisylia memberikan pandangan mendalam tentang strategi, tren, dan pendekatan yang efektif dalam mencapai hasil yang optimal dalam kampanye pemasaran. Pembagian wawasan dari Sisylia membawa manfaat berharga bagi para profesional dan pencari kerja yang tertarik dalam memahami lanskap digital marketing yang dinamis.

9. Building a Career in the Investment Industry - Louis Leonardo

Guest Speaker: Louis Leonardo -  Investment Associate at ATM Capital

CakeResume berkesempatan mengundang Louis Leonrado, seorang Investment Associate di ATM Capital, salah satu Modal Ventura paling ternama di Indonesia. Sebelumnya, Louis memulai kariernya di Philip Morris Taipei kemudian di PwC. 

Dengan pengalaman profesionalnya selama lebih dari 4 tahun, Louis menyampaikan pesan yang bermakna bagi jobseeker yang tengah menjelajahi jalur karir untuk terbuka terhadap perubahan, belajar dari pengalaman dan mengambil langkah keluar di zona nyaman.

Akhir Kata

Talent Connect telah menjadi ruang berharga bagi para profesional untuk menambah wawasan mendalam dan informasi terkini mengenai dunia kerja. Talent Connect juga menjadi kesempatan bagi perusahaan-perusahaan untuk memperkuat citra perusahaan di mata jobseeker dan terlibat dalam diskusi serta membangun jaringan dengan talent pool yang berpotensial dan berkualitas. 

Yuk, berabung dengan kami dalam acara Talent Connect, jalin hubungan dengan bakat-bakat potensial di berbagai industri dan tingkatkan citra employer branding perusahaan Anda. Langsung hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

--- Ditulis Oleh Steffie Mayrelin ---


Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Feb 7th 2023

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...