Apa itu Content Writer? Skill, Tugas, Jenis, Hingga Gaji!

Ternyata hobi menulis bisa menjadi salah satu pilihan karier di dunia bisnis, profesi ini sering disebut sebagai content writer

Semua tulisan yang dibaca di media sosial dan internet ditulis oleh penulis konten. Di era digital ini, internet dan media sosial memiliki peran yang penting dalam mencari informasi, dan salah satu sumber informasi ini adalah artikel yang diposting di internet. 

Dalam menjalankan sebuah bisnis, skill content writing sangatlah penting karena dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness. Tidak heran jika banyak perusahaan mulai mengedepankan pentingnya menghasilkan konten yang berkualitas sehingga pekerjaan content writer pun sangat dicari.

content writer adalah, jenis-jenis content writer
Apa saja jenis-jenis content writer?

Yuk baca lanjut artikel Cake kali ini untuk mendapatkan penjabaran lebih detail  mengenai apa itu Content Writing, jenis-jenis nya serta tugas hariannya. 

Apa itu Content Writer?

Content Writer adalah profesi yang bergerak di bidang penulisan artikel sesuai kebutuhan pasar, misalnya seperti penulisan berita, jurnal, informasi, konten media sosial, dan lain sebagainya. 

Apa perbedaan copywriter dan content writer?

Content Writer berbeda dengan Copywriter. Perbedaannya terletak di tujuan penulisannya. 

Content Writer bertugas untuk menyajikan tulisan yang informatif sehingga membantu pembaca mendapatkan dan memahami informasi-informasi terkait yang mereka cari.

Sementara Copywriter adalah tulisan yang bersifat persuasif, mengajak, serta membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Umumnya copywriter merupakan teknik penulisan yang banyak digunakan di dunia media sosial, dan salah satu tujuannya lainnya juga adalah untuk meningkatkan brand awareness.

📚 Baca juga: Content Writer vs Copywriter, Apa Bedanya?

Apa Tugas Seorang Content Writer?

Berikut adalah beberapa tugas utama seorang Content Writer:

  1. Membuat konten yang sesuai dengan audiens sebuah brand
  2. Melakukan banyak riset akan tren di pasar dan memastikan bahwa informasi yang ditulisnya merupakan data yang valid.
  3. Memahami cara kerja SEO dan mampu mengaplikasikannya dalam penulisan artikel.
  4. Melakukan riset traffic website, dan menganalisis apakah konten yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan pasar.
  5. Mengelola konten media sosial, termasuk membuat konten dan memonitor perkembangannya.
  6. Melakukan pengecekan ulang akan konten yang akan diterbitkan, apakah mengandung informasi yang valid dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jenis-jenis Content Writer

Dalam dunia content writing, ada banyak jenis spesifikasi dari Content Writer.

Jenis-jenis pekerjaan Content Writer diantaranya mencakup:

1. SEO Content Writer

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Profesi SEO Content Writer adalah profesi yang bergerak dalam bidang penulisan artikel serta bertanggung jawab dalam membuat konten yang dioptimalkan oleh SEO.  Saat ini, SEO Content Writer merupakan salah satu pekerjaan yang sedang marak dibutuhkan oleh perusahaan, terutama bagi bisnis yang bergerak di bidang media digital.

📚 Baca juga:  Kenali 8 Pekerjaan Marketing Naik Daun yang Bisa Kamu Coba!

2. Technical Writer

Berbeda dari SEO Content Writer, Technical Writer adalah penulis yang bertugas untuk mengolah informasi kompleks menjadi tulisan yang mudah dipahami oleh audiens. Sebelum membuat tulisan teknis, penulis harus terlebih dahulu mengetahui isi yang dibuat, sehingga memudahkan penulis dalam membuat tulisan yang user-friendly

3. Jurnalis

Jenis profesi lain dari Content Writing adalah Jurnalis. Dalam sebuah media, jurnalis dapat merujuk pada profesi yang berbeda-beda, mulai dari editor, reporter, fotografer, dan pembaca berita. Tugas utama seorang jurnalis adalah menginvestigasi, mengumpulkan, serta melaporkan sebuah berita melalui berbagai saluran media.

4. Social Media Writer

Social Media Writer berperan penting dalam membuat konten-konten yang seru, baru, dan interaktif di sosial media. Bekerja sebagai Social Media Writer mengharuskanmu untuk berpikir kreatif dan mengikuti perkembangan tren pasar. 

5. Ghostwriters

Jenis profesi lain dari penulis konten adalah ghostwriter, yang berarti penulis tanpa nama. Umumnya, perusahaan atau individu merekrut Ghost writer untuk menulis artikel sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa mencantumkan nama penulis aslinya. Selain itu, hasil tulisan Ghostwriter juga akan disimpan oleh perusahaan/individu, mereka pun bebas mengcopy, mengedit, atau menambahkan isi tulisannya. 

Sedang cari kerja? Temukan pekerjaan impian kamu di Cake! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

Skill yang Dibutuhkan Content Writer

Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang Content Writer

1. Menulis Dengan Berbagai Style

Sebagai seorang penulis konten, skill utama yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam menulis, mencakup struktur, teknik penulisan, tata bahasa, pemakaian tanda baca, serta skill storytelling yang baik.

Dengan keberagaman jenis content writer yang ada, kamu pun harus memiliki keahlian dalam menulis dengan berbagai style, yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

2. Dasar SEO

Saat ini, banyak pekerjaan content writer yang mengharuskan spesifikasi skill akan pengenalan dasar SEO. Dalam dunia bisnis digital, hal ini sangatlah penting bagi perusahaan dalam menempati peringkat teratas di Google serta membantu dalam meningkatkan traffic.

📚 Baca juga:  Apa itu SEO? Ini Cara Kerja dan Panduan Lengkapnya!

3. Riset, Editing, Publishing

Skill berikutnya dari seorang Content Writing adalah skill riset, editing, dan publishing. Ketiga hal ini merupakan serangkaian alur pekerjaan dari seorang penulis konten. 

Saat hendak menulis, seorang content writer perlu terlebih dahulu memahami tren pasar dan mencari informasi akurat sesuai dengan isi tulisannya. Kemudian, setelah selesai menulis maka perlu dilakukan pengecekan ulang (editing), dan langkah terakhir setelah melakukan pengecekan ulang adalah melakukan publikasi sehingga tulisan bisa dibaca oleh audiens.

4. Terampil Menggunakan Teknologi

Sebagai pekerjaan yang berbasis online, maka seorang content writer perlu untuk dapat melek teknologi. 

Berikut adalah beberapa skill teknologi yang harus dikuasai oleh seorang penulis konten:

  • Microsoft 365: Excel, Word, Powerpoint
  • Google docs
  • Canva
  • Adobe Creative
  • Wordpress, dan lainnya

📚 Baca juga: 20+ Contoh Skill Komputer Dalam CV dan Cara Menulisnya!

Sedang cari kerja? Temukan pekerjaan impian kamu di Cake! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

Gaji Content Writer

Mungkin kamu bertanya, Content Writer gajinya berapa?

Di Indonesia, gaji Content Writer berkisar dari Rp 4.115.890 per bulannya. Tentunya kisaran harga ini tergantung pada tempat kerja, pengalaman kerja, dan spesifikasi yang ditetapkan perusahaan. 

Untuk gaji freelance Content Writer, umumnya gaji Content Writer berkisar dari Rp 2.000.000 hingga Rp 4.000.000 per bulannya. Namun, ini bergantung pada kesepakatan yang disepakati oleh perusahaan dan penulis.

📚 Baca juga:  Kenali 8 Pekerjaan Marketing Naik Daun yang Bisa Kamu Coba!

Tips untuk Menjadi Content Writer

Di paragraf sebelumnya, Cake telah membahas jenis pekerjaan Content Writer dan skill apa saja yang dibutuhkannya. Nah, sekarang saatnya untuk melihat berbagai tips untuk menjadi Content Writer.  

1. Menempuh Pendidikan

 Pekerjaan Content Writing adalah pekerjaan yang membutuhkan latar belakang pendidikan, karena dalam menulis tentu dibutuhkan kemampuan membaca, menganalisis, dan menulis.
Beberapa jurusan yang dapat dipilih untuk dapat berkarier sebagai Content Writer adalah digital jurnalistik, sastra, marketing, public relation, komunikasi, advertising.

2. Dapatkan Pengalaman Kerja Terkait Content Writing

Selain pendidikan, bekerja sebagai penulis konten juga membutuhkan pengalaman yang banyak. Ada banyak cara untuk mendapatkan pengalaman kerja terkait content writing, diantaranya adalah:

  • Berpartisipasi sebagai volunteer
  • Bekerja sebagai freelance copywriter
  • Menulis blog mu sendiri

Berikut adalah contoh website yang bisa digunakan untuk memposting blog:

  • WordPress
  • Tumblr
  • Wattpad
  • Blogger
  • Medium

3. Buat Portofolio Content Writer

Portofolio adalah dokumen penting untuk menunjukkan skill dan keterampilan mu sebagai Content Writer. Berikut adalah beberapa pilihan portofolio online yang sering dipakai penulis konten.

  • Cake
  • WordPress
  • Medium
  • Clipsing.me
  • JournoPortfolio

4. Siapkan Pitching

Pitching adalah proses mempresentasikan ide bisnis kita kepada klien atau orang-orang penting. Pitching yang baik bersifat jelas, mengandung informasi yang akurat, serta memakai tata bahasa dan tanda baca yang benar.

5. Buat CV Content Writer Menarik 

Langkah terakhir adalah membuat CV Content Writer yang menarik dan ATS friendly. Berikut adalah contoh CV penulis konten dalam bahasa Indonesia.

Contoh-cv-content-writer
Contoh CV Content Writer - Dibuat di Cake

Ingin menulis CV digital yang praktis dan gratis? Langsung saja kunjungi Cake! Ada banyak pilihan template dan mudah dioperasikan! CV digital yang ATS friendly dan menarik! 🎉

Key Takeaways

Apakah yang di kerjakan Content Writer sesuai dengan minatmu? 

  • Content Writer adalah profesi yang bergerak di bidang penulisan artikel sesuai kebutuhan pasar, misalnya seperti penulisan berita, jurnal, informasi, konten media sosial, dan lain sebagainya.
  • Memahami cara kerja SEO, update akan tren terbaru, mengelola serta menerbitkan konten merupakan beberapa tugas utama seorang content writing.
  • Ada berbagai jenis pekerjaan Content Writer, diantaranya adalah SEO Content Writer, technical writer, jurnalis, social media writer, dan ghostwriters.
  • Selain skill merangkai kata, seorang penulis konten juga harus memiliki beberapa skill berikut: pengetahuan dasar SEO, kemampuan menulis dengan berbagai macam style, melakukan riset, mengedit tulisan, mempublish tulisan, serta mampu bekerja menggunakan beberapa aplikasi Content Writer.
  • Tempuhlah pendidikan dan garaplah pengalaman sebanyak mungkin untuk menjadi seorang Content Writer yang profesional!

Ingin buat CV ATS-friendly yang profesional biar dilirik HRD? Cobain Cake untuk membuat CV Online, portofolio lamaran kerja, dan juga cari lowongan kerja di job portal kami. 100% GRATIS!

--- Ditulis Oleh Lydia Gavrila ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.