15 Rekomendasi Pekerjaan Lulusan SMA yang Menjanjikan!

Bagi mayoritas siswa SMA, setelah lulus, mereka akan dihadapi dengan momen penting penentuan masa depan yaitu memilih jurusan kuliah. Namun, tidak semua orang mengambil langkah tersebut. Ada banyak orang yang memutuskan untuk bekerja dahulu meski hanya tamatan SMA. Dan tidak ada yang salah dengan hal itu. Apapun keputusanmu setelah lulus SMA, pilihanmu pastinya akan sesuai dengan visi dan misi yang kamu miliki.

Jika kamu ingin bekerja dulu dan bertanya “Apakah lulusan SMA bisa bekerja?”, “Lulusan SMA bisa kerja apa ya?” atau bahkan “Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan untuk lulusan SMA?”, tak perlu khawatir, karena nyatanya peluang kerja tamatan SMA sangat besar terlebih untuk kamu yang giat dan pantang menyerah dalam mencari pekerjaan. Berikut adalah 15 lowongan pekerjaan lulusan SMA yang bisa kamu coba:

pekerjaan-lulusan-sma
Pekerjaan Apa Saja yang Cocok Untuk Lulusan SMA?

1. Customer Service

Customer service bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan tamatan SMA. Customer service merupakan pekerjaan jasa yang bertugas untuk mendengarkan permasalahan yang dihadapi oleh konsumen dan menawarkan solusi terhadap kendala tersebut. Layanan customer service bisa berbentuk lisan melalui telepon, live audio, maupun tulisan melalui email, live chat, direct message, dan lain-lain. 

Pekerjaan customer service biasanya bersifat universal, yang berarti, profesi ini merupakan jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA wanita maupun pria asalkan memiliki skill komunikasi yang baik, ramah, sopan, dan solutif terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen. Kisaran gaji seorang customer service di Indonesia adalah Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000 tergantung industri tempat kamu bekerja.

📚 Baca juga:  4 Contoh CV Customer Service Menarik dan Cara Membuatnya!

2. Staf Administrasi

Jika kamu bukan orang yang suka berhadapan langsung dengan konsumen, staf administrasi bisa menjadi pilihan sebagai salah satu pekerjaan lulusan SMA yang sifatnya di belakang layar. Karena sebagai seorang staf administrasi, kamu akan lebih banyak berurusan dengan pengelolaan data dan dokumen, mengatur jadwal, memasukkan data, menambahkan informasi terkait administrasi, dan lain-lain. Maka itu, pekerjaan tamatan SMA ini membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan ketekunan untuk menyelesaikannya dengan perlahan namun pasti. Biasanya juga dibutuhkan kemampuan untuk menguasai sistem perangkat lunak dasar seperti Microsoft Office.

Kisaran gaji seorang staf administrasi di Indonesia adalah Rp 2.000.000 - Rp 4.000.000.

📚 Baca juga:  5 Contoh CV Staff Administrasi Beserta Tips Lengkap!

3. Content Writer

Untuk kamu yang suka menulis dan mencari pekerjaan belakang layar lainnya sebagai opsi pekerjaan untuk tamatan SMA, mungkin content writer bisa menjadi salah satunya. Biasanya klien akan memberikan arahan tentang topik, banyaknya kata, banyaknya artikel, keywords yang perlu digunakan, dimana tugasmu sebagai content writer adalah menyiasati agar semua ketentuan tersebut dapat terpenuhi dan menyusun kata serta kalimat menjadi suatu penulisan yang mudah dimengerti. Kemampuan yang dibutuhkan untuk lowongan pekerjaan lulusan SMA ini adalah kreativitas, pemahaman tata bahasa, pengetahuan yang luas. 

Seorang content writer biasanya dibayar per-proyek yang diselesaikan. Kisaran biayanya beragam, mulai dari IDR 200.000 - jutaan rupiah. Bahkan tidak hanya bekerja untuk klien, banyak orang juga yang memanfaatkan talenta menulisnya ini untuk penulisan blog, cerita, copywriting di media sosial yang membuka peluang untukmu mendapatkan uang yang lebih banyak dari pekerjaan content writer ini.

📚 Baca juga:  3 CV Content Writer: Contoh dan Tips Wajib Kamu Ketahui!

4. Pengajar Bimbel

Rekomendasi pekerjaan berikutnya untuk lulusan SMA adalah pengajar bimbel. Terutama untuk yang memiliki hobi mengajar dan senang bertemu anak-anak, kamu bisa menjadikan pengajar bimbel sebagai pekerjaan yang patut dipertimbangkan untuk tamatan SMA. Kamu tidak harus pandai dalam semua bidang pelajaran, kamu cukup menguasai 1 bidang yang bisa diajarkan kepada anak-anak TK, SD, SMP. Tugas paling penting seorang pengajar bimbel adalah kesabaran dan memiliki kemampuan untuk membuat anak-anak mengerti materi yang kamu sampaikan. Apalagi dengan mengetahui bahwa setiap anak memiliki metode belajar dan kemampuan menangkap materi yang berbeda-beda, kamu harus kreatif dan inovatif dalam penyampaian materi. 

Dengan perkembangan teknologi, angka pengajar bimbel yang juga menawarkan servis bimbel secara online perlahan meningkat pesat. Gaji pengajar bimbel juga beragam, kisarannya mulai dari IDR 50.000 - IDR 800.000, biasanya tergantung dari mata pelajaran, banyaknya anak yang diajar, serta durasi mengajar.

5. Anak Buah Kapal

Untuk kamu yang ingin kerja dengan lulusan SMA namun mendapat gaji besar, menjadi anak buah kapal bisa menjadi jawabannya. Tidak hanya mendapat gaji besar, kamu juga dapat menabung karena biasanya pekerjaan anak buah kapal memiliki resiko untuk tidak pulang ke rumah selama masa berlayar, dan ini akan berjalan selama dalam rentang waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. 

Di kapal, kamu akan ditempatkan di berbagai posisi yang diperlukan untuk membantu kelancaran operasional kapal. Mulai dari bagian kebersihan, operasional, dapur, dan lain-lain. 

Walaupun begitu, pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dan pria lulusan SMA ini juga menyenangkan karena kamu bisa menjelajah suatu tempat sekaligus digaji! Skill yang dibutuhkan akan tergantung dari bagian kamu ditempatkan oleh kapten kapal.

6. Sales Marketing

Pekerjaan lulusan SMA lainnya adalah menjadi sales marketing. Dalam pekerjaan ini, kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi dan persuasi untuk dapat meyakinkan pelanggan atau calon konsumen agar tertarik dengan produk atau layanan yang kamu jual. Namun tidak hanya itu, kamu juga perlu memiliki pemahaman produk yang benar karena kamu akan menjadi jangkar perusahaan dalam pengembangan bisnis ke orang-orang yang mungkin belum mengetahui produk atau layanan tersebut. 

Gaji dari seorang sales marketing juga beragam, mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000, apalagi jika kamu berhasil untuk mendatangkan banyak konsumen ke perusahaan, walaupun kerja dengan tamatan SMA, biasanya akan ada tambahan bonus atau incentive yang diberikan kepadamu dengan nilai yang cukup menggiurkan.

7. Staf Agrikultur

Kamu mencari pekerjaan untuk lulusan SMA dan memiliki minat pada alam? Staf agrikultur bisa menjadi jawaban untukmu! Sebagai seorang staf agrikultur, kamu akan ditempatkan di perusahaan pertanian, perikanan, atau peternakan. Tanggung jawab yang akan diberikan nantinya tergantung dari industri yang kamu pilih, biasanya lebih membutuhkan kegigihan dan kesabaran karena akan berurusan dengan makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan tanaman.

Kisaran gaji pekerjaan staf agrikultur tamatan SMA adalah Rp 2.000.000 - Rp 4.500.000.

Buat CV di Cake, tersedia 12+ template CV menarik yang ATS friendly. Gratis Download PDF! 🎉

8. Bisnis Online

Tidak hanya bekerja untuk orang lain, ada juga pekerjaan tamatan SMA yang bisa kamu bangun sendiri, yaitu dengan berbisnis online! Dengan kemajuan teknologi dan media sosial, kini banyak platform untuk kamu dapat mengunggah barang yang ingin kamu jual dan mulai berjualan. 

Bisnis online ini juga tidak harus memiliki modal besar kok, kamu dapat mulai dari menjadi reseller atau dropshipper kemudian pelan-pelan belajar untuk mengolah bisnismu sendiri.

Kemampuan yang harus dimiliki untuk bisnis online adalah visi yang kuat, kegigihan, berani mengambil risiko dan rasa pantang menyerah. Karena ada kalanya bisnis tidak berjalan sesuai yang kamu mau, namun dengan ketiga hal tersebut, kamu tetap bisa bertahan di tengah persaingan yang ada. Selain itu kamu juga harus pintar mencari peluang dan memperluas koneksi, karena siapa tahu, orang yang ada di dekatmu bisa dijadikan partner untuk berbisnis bersama dan mengembangkan cakupan bisnismu. Masalah pendapatan, tentunya kerja lulusan SMA yang satu ini bisa mendapat gaji besar, maupun kecil, tergantung dari barang yang kamu jual, strategi pemasaran, promosi, supplier, persaingan pasar, dan banyak faktor lainnya.

9. Freelancer

Jika kamu memiliki kemampuan khusus di bidang tertentu, kamu dapat menjual kemampuan tersebut sebagai seorang freelancer. Biasanya seorang freelancer akan lebih dilihat dari pengalaman dan portofolio yang sudah dikerjakan dibanding dengan edukasi formal. Maka itu, menjadi seorang freelancer juga bisa menjadi pertimbangan pekerjaan tamatan SMA.

Banyak situs web freelance yang digunakan untuk mencari pekerjaan dan tempat penawaran jasa, termasuk jasa tulis, jasa pemrograman, jasa fotografi, jasa desain, jasa pertukangan, jasa musik, dan lain-lain. Upah yang didapatkan akan tergantung dari kesepakatan dengan klien, ada yang hitungan per jam, namun ada juga yang sifatnya per proyek.

📚 Baca juga:  7 Cara Menjadi Freelancer Pemula Untuk Cari Untung!

10. Waiter/Waitress

Opsi pekerjaan untuk lulusan SMA lainnya adalah menjadi waiter/waitress. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang suka berinteraksi dengan orang banyak dan suka membantu orang lain. Seorang waiter/waitress bertugas untuk memberikan servis terbaik kepada konsumen dari awal mereka membuka pintu hingga selesai makan, hal itu termasuk menyapa, memberikan menu, mencatat pesanan, menghidangkan pesanan, membersihkan pesanan, dan merapikan kembali meja yang sudah dipakai agar bisa digunakan untuk pelanggan berikutnya. 

Seorang waiter/waitress perlu sigap untuk membantu konsumen yang sedang ada di mejanya jika mereka perlu sesuatu, dan melayani mereka dengan sopan dan ramah. Maka itu, kemampuan komunikasi dan ketanggapan juga dibutuhkan pada pekerjaan ini.

Gaji pekerjaan waiter/waitress untuk tamatan SMA berkisar di Rp 2.000.000 - Rp 4.000.000.

📚 Baca juga: Kumpulan Contoh CV Waiter/Waitress Terbaik dan Cara Membuatnya!

11. Barista

Barista juga merupakan pekerjaan cocok untuk kamu para tamatan SMA yang juga pecinta kopi dan senang berinteraksi dengan banyak orang. Seorang barista berperan untuk mencatat pesanan pelanggan, menyiapkan pesanan, termasuk membuat kopi atau minuman lainnya, dan memproses pembayaran. 

Biasanya untuk menjadi seorang barista, diperlukan latihan khusus terlebih dahulu. Pelatihan ini ada yang sifatnya disediakan oleh perusahaan, namun ada juga yang sifatnya sudah diharapkan dikuasai oleh pelamar kerja. Selain itu, lowongan barista juga biasanya ada 2 jenis, yaitu full time dan part time. Kamu dapat menyesuaikan pilihanmu apakah ingin mengambil full time atau part time

Gaji seorang dengan pekerjaan barista lulusan SMA berkisar di angka Rp 3.500.000 - Rp 4.500.000 untuk full time dan Rp 1.500.000 - Rp 2.000.000 untuk part time. 

📚 Baca juga:  Contoh CV Barista Menarik Lengkap dengan Surat Lamaran Kerja

12. Content Creator

Jika kamu mencari pekerjaan untuk lulusan SMA, yang satu ini tidak boleh ketinggalan! Bahkan tidak harus lulusan SMA, pekerjaan yang satu ini tidak terbatas usia dan lokasi. Kemampuan yang diperlukan adalah skill komunikasi yang persuasif, informatif, dan solutif, serta skill membuat konten, editing, dan tentunya harus up-to-date dengan trend terkini. 

Ada 2 jenis content creator, yang pertama adalah content creator yang bekerja untuk perusahaan tertentu, ada juga content creator yang bekerja mandiri dengan membangun self-branding nya sendiri. 

Jika kamu seorang content creator yang bekerja untuk perusahaan, biasanya akan ada tuntutan konten per-periode diikuti yang harus dipertanggungjawabkan dalam report. Konten-konten yang dibuat juga sifatnya hanya mencakup pembahasan seputar industri perusahaan tempat kamu bekerja saja. Gaji rata-rata untuk pekerjaan ini adalah Rp 3.500.000 - Rp 10.000.000.

Namun jika kamu content creator mandiri, maka kamu lebih fleksibel untuk menentukan waktu kerjamu dan regulasi kerja dengan vendor, klien, brand, yang bekerja sama denganmu. Tapi secara pendapatan, mungkin tidak se-stabil content creator yang bekerja untuk perusahaan karena sifatnya tergantung dari banyaknya proyek dan peluang yang datang.

📚 Baca juga:  Ingin Jadi Content Creator? 5 Langkah Wajib untuk Pemula!

13. Data Entry

Data entry merupakan pilihan lain untuk kamu yang mencari pekerjaan lulusan SMA yang sifatnya dibelakang layar. Sederhananya, seorang data entry bertugas untuk memasukkan data, biasanya dalam jumlah yang besar, dari satu format ke format lainnya, atau satu medium ke medium lainnya, dalam waktu yang ditentukan. 

Dengan begitu, pekerjaan untuk kamu para lulusan SMA ini sebenarnya tidak sulit, hanya perlu ketelitian, kesabaran, dan menguasai sistem perangkat lunak dasar seperti Microsoft Office yang akan banyak digunakan dalam pekerjaan ini.

14. Driver Online / Ojek Online

Jika kamu mencari pekerjaan untuk lulusan SMA dan kebetulan paham mengenai rute jalanan, arah, rambu-rambu, serta memiliki kendaraan sendiri, menjadi driver online atau ojek online bisa dijadikan pilihan.

Persyaratan untuk pekerjaan ini yang terpenting adalah kepemilikan kendaraan dan SIM, selebihnya kamu tetap akan menerima pelatihan dari platform driver/ojek online terkait regulasi untuk membawa penumpang dan hal apa saja yang perlu diperhatikan selama mengangkut penumpang. 

Upah yang kamu terima akan tergantung dari banyaknya pesanan yang kamu selesaikan, tentunya semakin banyak membawa penumpang, upah yang diterima akan semakin besar.

15. Teknisi Komputer

Pekerjaan tamatan SMA lainnya yang dapat kamu coba adalah menjadi seorang teknisi komputer. Pada pekerjaan ini, kamu perlu memiliki kemampuan untuk memahami perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem jaringan komputer. Karena saat ini hampir semua perusahaan memanfaatkan teknologi komputer untuk operasionalnya, maka kebutuhan untuk teknisi komputer juga semakin meningkat. Tak jarang, kerja teknisi komputer tamatan SMA bisa juga dipertimbangkan untuk naik pangkat bahkan berkesempatan memimpin tim jika kamu juga terus mengembangkan keterampilan teknis dan skill kepemimpinanmu. 

Teknisi komputer memiliki gaji Rp 3.000.000 - Rp 7.000.000. Biasanya ketika kamu menjadi teknisi komputer suatu perusahaan, manfaat tersebut belum termasuk tunjangan lainnya seperti tunjangan kesehatan, transportasi, bonus kinerja, dan lain-lain.

📚 Baca juga:  Ingin Jadi Content Creator? 5 Langkah Wajib untuk Pemula!

Buat CV di Cake, tersedia 12+ template CV menarik yang ATS friendly. Gratis Download PDF! 🎉

pekerjaan-lulusan-sma

Di atas merupakan 15 rekomendasi pekerjaan untuk kamu para lulusan SMA yang masih bingung ingin melamar ke pekerjaan apa. Tentunya di luar 15 pekerjaan tersebut, masih banyak pekerjaan lain yang bisa kamu lamar sesuai dengan kemampuanmu. Terlebih, gaji dan detail pekerjaan juga sangat bervariasi, akan kembali lagi dari lokasi, jenis perusahaan, pengalaman, dan faktor-faktor lainnya. 

Jadi untuk kamu yang masih mencari pekerjaan tamatan SMA, jangan patah semangat, yuk pertimbangkan rekomendasi pekerjaan di atas atau eksplor kembali kemampuanmu untuk melamar di pekerjaan lain. Cake menyediakan berbagai macam lowongan pekerjaan yang dapat kamu cek sesuai kemampuan & CV Builder untuk membantumu dalam membuat CV yang menarik!

Kesimpulan:

  • 15 Rekomendasi pekerjaan lulusan SMA adalah: customer service, staf administrasi, content writer, pengajar bimbel, anak buah kapal (ABK), sales marketing, staf agrikultur, bisnis online, freelancer, waiter/waitress, barista, content creator, data entry, driver online/ojek online, dan teknisi komputer.
  • Pekerjaan untuk tamatan SMA di atas sifatnya referensi, dimana jobdesk pekerjaan, gaji, dan faktor lainnya tergantung dari regulasi dan kesepakatan saat kamu melamar kerja.

Ingin buat CV ATS-friendly yang profesional biar dilirik HRD? Cobain Cake untuk membuat CV Online, portofolio lamaran kerja, dan juga cari lowongan kerja di job portal kami. 100% GRATIS!+

--- Ditulis Oleh Leony Jardine ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.